Kabar Gembira, Radiasi Ponsel Tidak Menyebabkan Kanker Otak

header niko 728 x 90

radiasi ponsel

InspirasiBersama.com – Selama ini banyak orang, bahkan sebuah studi yang menyatakan bahwa radiasi ponsel bisa memicu kanker otak. Namun ada kabar gembira bagi anda para penggemar ponsel, ternyata radiasi ponsel tidak menyebabkan kanker otak. Benarkah demikian ?

Selama ini kita pasti punya anggapan bahwa meletakkan ponsel dekat kepala kita akan bisa memicu tumor atau kanker otak. Anggapan ini bukan muncul begitu saja, pasalnya berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya menyatakan bahwa radiasi ponsel mampu membuat kita menderita tumor atau kanker otak. Namun dalam sebuah penelitian terbaru dan berskala besar yang dilakukan di Australia menyatakan bahwa radiasi ponsel tidak berbahaya seperti yang kita perkirakan sebelumnya.

Baca Juga  Apa Bahayanya Jika Seorang Balita Mengalami Obesitas ?

Untuk membuktikan ini, para peneliti telah melakukan penelitian kepada 20.000 pria dan 15.000 wanita yang menggunakan ponsel. Penelitian ini dilakukan mulai dari tahun 1982 sampai pada 2012. Penelitian ini tergolong berskala besar dan berlangsung lama.

Kita tahu bahwa pengguna ponsel semakin tahun semakin meningkat. Namun menurut data hasil penelitian, hanya sedikit sekali angka kejadian kanker otak pada pria. Bahkan pada wanita angka kejadian kanker otak lebih stabil.

Baca Juga  Stres Karena Menunggu Kehamilan Bisa Mengganggu Kesuburan

Angka kejadian kanker otak lebih banyak diderita oleh pria yang berusia lebih dari 70 tahun. Meskipun demikian, angka kejadian itu baru muncul pada tahun 1982 yang artinya ponsel saat itu belum ada. Ponsel baru banyak orang memakai pada tahun 1987.

Pendeteksian kanker otak pada saat ini ditunjang oleh kemajuan teknologi dibidang kedokteran yang telah menemukan metode CT-scan dan MRI yang mampu melihat bagian otak untuk menganalisa adanya tumor atau kanker.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tidak ada kaitan yang kuat antara penggunaan ponsel dengan kejadian kanker bagi para penggunanya. Bahkan menurut para ahli, munculnya kanker otak pada manusia lebih disebabkan karena faktor radikal bebas.
Artikel Terkait : Begini Cara Mengurangi Radiasi Ponsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *