Jumlah Telor Yang Boleh Kita Konsumsi Dalam Sehari

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebagian besar orang suka dengan mengkonsumsi telur. Selain rasanya yang enak, makan telur juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu banyak sekali jenis olahan yang terbuat dari telur. Namun bukan berarti kita boleh sembarangan mengkonsumsi telur, berapa jumlah telor yang boleh kita konsumsi dalam sehari ?

 

Pada sebagian orang yang sangat gemar mengkonsumsi telor, mereka bisa menghabiskan lebih dari 3 butir telor sehari. Menyikapi hal yang demikian, menurut seorang ahli gizi mengatakan bahwa mengkonsumsi telur dua butir sehari masih dalam batas yang normal.

makan-telor

jumlah telor yang aman dikonsumsi dalam sehari

Meskipun masih terbilang normal, para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk memperhatikan pola makan terutama yang berhubungan dengan asupan lemak jenuh.

Baca Juga  7 Jenis Obat Yang Disarankan Dihindari Saat Perut Kosong

 

Apabila seseorang mengkonsumsi dua butir telor sehari, maka masih tergolong normal. Namun apabila pola makan anda dalam sehari terdiri dari daging, keju, susu dan jenis makanan berlemak yang mengandung lemak jenuh, maka itu menjadi hal yang buruk bagi kesehatan kita.

Baca Juga : Benarkah Konsumsi Telor Tidak Menyebabkan Kolesterol Naik ?

 

Bagaimana kalau kita hanya mengkonsumsi putih telur saja dan kuningnya kita buang ? Walaupun anda melakukan hal demikian dengan pola makan anda seperti diatas, maka itu juga bukan hal yang baik bagi kesehatan.

Baca Juga  Inilah Dampak Jika Sering Melewatkan Waktu Makan

 

Mengkonsumsi telur dengan dengan membuang kuningnya juga bukan pilihan yang baik. Hal ini disebabkan karena dalam kuning telur terdapat vitamin yang tidak bisa kita temukan dalam putih telur. Jadi kalau kita membuang kuningnya, maka kita membuang banyak vitamin dalam telur.

 

Jadi kesimpulannya adalah berapa jumlah telur yang boleh kita konsumsi dalam sehari ? Jawabnya adalah tergantung pada pola makan yang kita terapkana dalam sehari. Dalam sebuah 1 butir telur ternyata mengandung 80 kalori, lemak sebanyak 5 gr dan protein sebanyak 6 gr.

Baca Juga  Resah Dengan Rasa Mual ? Minum Ini Untuk Mengatasinya

 

Bagi anda yang pola makannya banyak mengandung unsur protein dan lemak, maka mengkonsumsi telur sebanyak 3 telor dalam sehari menjadi jumlah yang terlalu banyak. Namun jika pola makan anda banyak sayuran atau vegetarian, maka konsumsi dua butir telur masih dalam batas yang baik.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Manfaat Kuning Telor Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *