Jika Tidak Ingin Varises Maka Lakukan Hal Ini

header niko 728 x 90

aktivitas fisik saat bekerja

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita munculnya varises bisa sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Varises biasanya muncul pada bagian betis berupa tonjolan pembuluh darah dan biasanya berwarna kebiruan.

Munculnya varises pada betis seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu jika kita tidak ingin mengalami varises, maka lakukan beberapa hal berikut ini :
1. Aktif secara fisik

Penyebab pertama munculnya varises pada betis adalah disebabkan karena aktivitas fisik yang kurang atau lebih banyak diam. Secara alami, saat kita banyak melakukan aktivitas fisik, maka akan membuat peredaran darah semakin lancar yang bisa mengurangi resiko munculnya gumpalan pada pembuluh darah yang memicu varises.
2. Mengonsumsi vitamin C dan protein

Baca Juga  Penyebab Kegemukan Setelah Menikah

Jika kita ingin terhindar dari varises, maka kita harus mengkonsumsi vitamin C dan protein secara cukup. Kedua komponen tersebut sangat berperan dalam pembentukan kolagen dalam tubuh yang bisa mencegah terhadap munculnya varises.
3. Turunkan berat badan

Langkah selanjutnya untuk mencegah terjadinya varises adalah dengan menjaga berat badan ideal atau menurunkan berat badan yang berlebih. Bukan hanya merugikan dari segi kesehatan saja, memiliki berat badan yang berlebih bisa meningkatkan resiko munculnya varises. Hal ini disebabkan karena orang yang obesitas akan memiliki berat kaki yang lebih besar sehingga kemampuan aliran darah ke jantung menjadi terhambat.
4. Dilarang berdiri atau duduk dalam waktu yang lama

Baca Juga  Solusi Saat Kita Digigit Anjing

Jika tidak ingin mengalami varises adalah anda harus mengurangi duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama. Seseorang yang melakukan duduk atau berdiri lama akan menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi lambat. Berbeda dengan saat kita rajin melakukan banyak aktivitas, maka aliran darah akan lebih lancar dan mengurangi resiko varises.

Baca Juga : Hati-hati Duduk Lama Bisa Memperpendek Umur
5. Menggerakkan kaki Anda

Bagi anda yang setiap hari mengharuskan duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, maka mulai sekarang lakukan gerakan kaki ringan rutin setiap beberapa menit. Bagi anda yang pekerjaannya duduk lama, bisa mencoba berdiri dan berjalan sebentar dan menekuk bagian kaki untuk melemaskan otot-otot. Dengan rutin melakukan latihan ringan seperti itu, maka bisa mengurangi resiko terjadinya varises.

Baca Juga  Saat Pagi Hari Tubuh Kita Rentan Terkena Infeksi

Artikel Terkait : Bahaya Varises Yang Terjadi Pada Testis Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *