Jika Sedang Sakit Konsumsi Makanan Ini Agar Cepat Sembuh

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat tubuh kita mengalami sakit, maka akan terjadi penurunan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini bisa terjadi saat kita mulai terserang flu. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka konsumsi makanan bergizi bisa menjadi solusi yang baik untuk proses penyembuhan lebih cepat.

Berikut beberapa menu makanan yang bisa anda konsumsi saat sakit agar lebih cepat sembuh :

sumber gambar : http://wikivitamin.com/

1. Banyak Minum

Saat kondisi tubuh sedang sakit, maka pasti kita merasakan nafsu makan yang menurun. Namun yang baik adalah kita harus banyak minum air agar kebutuhan elektrolit tubuh tetap seimbang.

Anda juga bisa mengkonsumsi jus buah misalnya saja jus jeruk yang banyak mengandung kalori yang juga bisa untuk mengurangi rasa pusing. Pada saat hidung sedang flu, maka anda bisa membuat teh lemon hangat yang memberikan kenyamanan dan kehangatan tubuh.

Baca Juga  Tips Mudah Supaya Anak Menyukai Olahraga

 

2. Protein mudah dicerna
Pada saat kita sedang sakit, maka tubuh akan membutuhkan asupan protein guna mengembalikan sistem kekebalan yang menurun. Oleh karena itu anda bisa mengkonsumsi jenis makanan yang kaya kandungan protein yang mudah dicerna seperti telur dan yogurt.

3. Buah citrus
Jenis makanan ketiga yang sangat bagus anda konsumsi saat sedang sakit adalah buah citrus. Hal ini disebabkan karena buah sitrus kaya akan kandungan flavonoid yang bisa mendongkrak kekebalan tubuh.

Baca Juga : Bagaimana Caranya Agar Tidak Mudah Sakit ?

4. Makanan mengandung glutathione
Selanjutnya disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung glutathione. Kandungan glutathione pada makanan bisa melawan infeksi yang muncul. Buah dan sayur yang kaya akan kandungan glutathione seperti semangka, brokoli dan kubis.

Baca Juga  Faktor Penting Yang Mempengaruhi Sukses Tidaknya Diet

5. Kaldu dan sup
Saat kita sedang sakit pasti nafsu makan dan minum menurun. Maka mengkonsumsi kaldu dan sup menjadi hal yang sangat mudah untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu kaldu dan sup juga lebih mudah untuk dicerna.

6. Makanan kaya B6 dan B12
Anda harus lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B6 dan B12. Vitamin jenis ini sangat bagus memulihkan kekebalan tubuh yang sedang turun. Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi susu, kentang, bayam dan ikan.

Itulah deretan makanan yang sangat bagus dikonsumsi saat sedang sakit. Yang perlu digaris bawahi adalah lebih disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter saat anda mengalami sakit yang lebih serius. Pasalnya seperti pada kasus gangguan ginjal tidak boleh sembarangan minum air, makan buah dan sayur. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan mengkonsumsi makanan tertentu jika terdapat indikasi penyakit yang cukup serius.

Baca Juga  Ketahui Dampak Dari Suka Mengkonsumsi Mi Instan Super Pedas Pada Lambung

Artikel Terkait : Makanan Apa Saja Yang Kaya Kandungan Antioksidan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *