Jika Mengalami Gangguan Pada Gusi Seperti Ini Sangat Disarankan Untuk Periksa ke Dokter

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengalami radang gusi atau gingivitis merupakan kondisi yang tidak mengenakkan. Saat kita mengalami hal ini, maka proses makan akan sangat terganggu karena rasa yang nyeri. Namun jangan pernah menganggap radang gusi sebagai penyakit yang sepele, jika tidak tertangani dengan benar bisa menyebabkan komplikasi yang serius.

 

Untuk menghindari masalah radang gusi ini, maka apabila kita merasakan adanya gangguan atau tidak nyaman pada daerah gusi maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

Baca Juga : Cara Mencegah Agar Tidak Sakit Radang Pada Gusi

radang-gusi-3

sumber gambar : www.sehatraga.com

Berikut beberapa kondisi yang disarankan anda untuk memeriksakan ke dokter :

 

1. Kondisi pertama adalah saat gusi kita mengalami bengkak dan berwarna merah

Baca Juga  Tips Mengatasi Penyakit Osteoartritis

2. Selanjutnya adalah jika kita mengalami perdarahan pada gusi yang bisa disebabkan karena terlalu keras saat sikat gigi maupun flossing.

3. Apabila gusi kita sering mengeluarkan nanah, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter gigi

4. Yang sering kita alami adalah gigi menjadi longgar atau berlubang. Jika kondisi ini terjadi disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi

5. Bagi anda yang sering merasakan nyeri saat makan, maka bisa jadi disebabkan karena gangguan pada gusi. Oleh karena itu disarankan pula untuk periksa ke dokter gigi terdekat

6. Sering mengalami bau mulut yang susah hilang ? Jika sering merasakan hal ini disarankan untuk memeriksakan ke dokter gigi.

Baca Juga  Sering Mencicipi Adonan Kue Kering Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

7. Pada sebagian orang yang mempunyai gigi sensitif akan sering merasakan nyeri saat mengkonsumsi makanan yang dingin atau panas. Jika hal ini yang sering terjadi, maka disarankan untuk rajin periksa ke dokter gigi.

 

Seseorang yang mengalami gangguan pada gusi atau radang gusi disebabkan karena bakteri. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan dan menimbulkan infeksi. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan untuk membunuh bakterinya. Kondisi ini biasanya lebih banyak disebabkan karena kurang menjaga kebersihan mulut.

 

Selain kebersihan gigi dan mulut yang kurang, kondisi radang gusi atau gingivitis juga bisa disebabkan karena kebiasaan merokok, suka minum alkohol. Mengalami kurang gizi, produksi air liur yang kurang, dan beberapa penyakit yang menyertai seperti diabetes.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Bisa Menggantikan Nasi Sebagai Sumber Karbohidrat

 

Untuk mencegah terjadinya radang gusi, maka sangat disarankan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara rajin sikat gigi. Lakukan rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali dan ditambah sebelum tidur malam. Selain itu kita juga harus menghentikan faktor resiko yang disebabkan karena kebiasaan merokok, minum alkohol dll.

Artikel Terkait : Benarkah Rajin Sikat Gigi Mampu Mencegah Kanker ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *