Jika Keracunan Makanan Lakukan Hal Ini

header niko 728 x 90

keracunan makanan 4

InspirasiBersama.com – Sering kali kita mendengar atau melihat secara langsung orang yang mengalami keracunan makanan. Gejala orang yang mengalami keracunan makanan biasanya mengalami rasa mual, muntah, nyeri perut dan bisa juga sampai diare. Lantas bagaimana cara penanganan saat kita mengalami keracunan makanan ?

Orang yang mengalami keracunan makanan biasanya disebabkan karena makanan yang dikonsumsi terkontaminasi dengan bakteri. Bisa dikarenakan karena makanan tersebut sudah kadaluarsa, basi, terkontaminasi lalat, terkontaminasi bahan-bahan kimia yang berbahaya. Pada kasus keracunan yang berat, seseorang bisa mengalami syok yang harus mendapatkan penanganan khusus.

Baca Juga  Hasil Studi : Wanita Paling Banyak Melakukan Narsis di Medsos

Beberapa hal yang harus kita lakukan jika mengalami keracunan makanan :

1. Banyak minum
Langkah pertama saat kita mengalami keracunan adalah banyak minum air putih. Hal ini disebabkan karena orang yang keracunan biasanya akan mengalami dehidrasi yang disebabkan karena muntah atau diare. Untuk mengembalikan kehilangan bayak cairan tubuh, maka kita harus minum air putih yang banyak. Tidak disarankan untuk minum kafein atau alkohol yang justru bisa memperburuk keadaan.

2. Hindari makan pedas
Saat kita sendiri atau orang lain mengalami keracunan makanan, maka sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang pedas. Selain pedas kita juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan dan makanan yang banyak mengandung gula. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang alami yang mudah dicerna oleh tubuh.

Baca Juga  Waktu Bercinta Yang Paling Favorit

3. Probiotik
Langkah ketiga yang harus kita lakukan saat mengalami keracunan makanan adalah dengan minum probiotik. Anda bisa mengkonsumsi yogurt yang banyak mengandung probiotik yang memberikan bakteri baik pada usus sehingga membantu mengeluarkan makanan yang terkontaminasi.

4. Istirahat
Yang terakhir adalah saat kita mengalami keracunan makanan, maka sangat disarankan untuk banyak melakukan istirahat. Saat kita mengalami keracunan, maka biasanya tubuh kita akan merasa lemas dan tidak bertenaga. Oleh karena itu sangat disarankan untuk banyak istirahat terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas kembali.

Baca Juga  Manfaat Mengkonsumsi Terong Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Artikel Terkait : Benarkah Makanan Yang Berjamur Aman Untuk dikonsumsi ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *