Jika Ingin Memiliki Badan Yang Sehat dan Aktif Sampai Tua Hindari Ini

header niko 728 x 90

tetap aktif meskipun sudah tua

InspirasiBersama.com – Kalau kita melihat seorang yang sudah berusia tua kemudian masih aktif naik sepeda, jalan sehat atau senam, maka perasaan kita pastinya iri. Kita pasti bertanya-tanya apa rahasianya masih sehat dan aktif meskipun usia sudah tua. Padahal kebanyakan orang pada usia 50 tahun ke atas sudah banyak yang tidak bisa melakukan aktivitas fisik karena beberapa komplikasi kesehatan.

Semua orang pastinya menginginkan mempunyai badan yang selalu sehat dan aktif sampai usia tua nanti. Meskipun demikian banyak orang yang melalaikan hal-hal yang membuat kita tetap sehat dan aktif sepanjang umur.

Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan jika ingin memiliki badan yang sehat dan aktif sampai usia tua :

1. Pilihan makanan yang buruk
Perilaku pertama yang harus kita lakukan agar memiliki tubuh yang sehat dan aktif adalah menjaga pola makan. Banyak orang tidak memperhatikan pola makan yang membuat kondisi berat badan meningkat dan terlihat lebih tua dari usianya.

Baca Juga  Inilah 4 Bahan Berbahaya Yang Sering Terdapat Pada Makanan Instan

Solusinya adalah kita harus memperbaiki pola makan. Pilihlah jenis makanan yang alami dan segar dan hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet. Selain itu kita harus menjaga makanan yang banyak mengandung gula, garam dan zat lain yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

2. Kurang tidur
Yang tidak boleh kita lupakan adalah tidur yang cukup. Banyak orang yang mengalami berbagai gangguan kesehatan dan terlihat cepat tua yang disebabkan karena hal yang sepele yaitu kurang tidur. Meskipun tidur menjadi hal yang sepele, namun mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga : Dampak Buruk Kurang Tidur Bisa Membuat Kadar Kolesterol Naik

3. Stres
Yang harus kita kita hindari selanjutnya adalah stres. Secara alamiah manusia tidak akan lepas dari stres. Stres menjadi hal yang wajar terjadi untuk memperbaiki hidup. Namun jika kita mengalami sering stres, maka kondisi ini kurang baik bagi kesehatan karena menurunkan sistem kekebalan tubuh yang membuat kita gampang sakit.

Baca Juga  Wanita Sering Melakukan 3 Kesalahan Ini Pada Saat Mandi

4. Kurang bergerak
Untuk memiliki tubuh yang selalu sehat dan aktif, maka kita harus menghindari kurang bergerak atau malas bergerak. Banyak orang modern seperti sekarang ini yang mempunyai pekerjaan yang mengharuskan duduk dalam jangka waktu yang lama. Hal inilah yang memicu badan menjadi kurang sehat. Dengan terlalu banyak aktivitas duduk, maka membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lambat.

5. Toksin
Banyak orang yang tak sadar kalau setiap hari sering konsumsi racun. Bukan berarti mengkonsumsi racun secara langsung. Namun seperti kebiasaan makan buah tanpa mencuci terlebih dahulu, suka makan-makanan yang mengandung bahan pengawet dan zat kimia tambahan sama dengan mengkonsumsi racun.

6. Kecanduan
Mempunyai kebiasaan buruk yang membuat kecanduan akan sangat merugikan kesehatan kita. Misalnya saja kecanduan merokok, minum alkohol maupun obat-obatan terlarang. Jika kita bisa menghindari beberapa kebiasaan tersebut, maka kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan aktif sepanjang usia.

Baca Juga  Sakit Jantung Bisa Disebabkan Karena Sering Kerja Lembur

7. Tak peduli
Hal terakhir yang membuat banyak orang memiliki tubuh yang tidak sehat dan kurang aktif adalah merasa tidak peduli. Tidak peduli disini adalah tentang urusan kesehatan, misalnya saka gula darah, tekanan darah, asam urat dan kolesterol. Jika kita tak peduli dengan indikator kesehatan tersebut, maka secara tidak langsung kita membiarkan tubuh terjangkiti penyakit. Lakukan general check up secara berkala untuk mendeteksi sedini mungkin masalah kesehatan yang terjadi.

Artikel Terkait : Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *