Jika Ingin Bersin Jangan Ditahan ! Ini Akibatnya Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dalam kondisi tertentu terkadang kita sering menahan bersin. Bersin sebenarnya sebuah proses alamiah tubuh guna mengeluarkan partikel atau kuman yang masuk lewat saluran pernapasan. Jadi bersin sangat bagus sebagai bentuk respon tubuh guna mengeluarkan kuman atau partikel jahat yang masuk pada tubuh kita. Jika ternyata kita tahan, tentu akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

sumber gambar : http://kesehatanmulho.blogspot.com

Kalau kita amati sering kali kita melihat orang di sekeliling kita yang dengan sengaja menahan bersin dengan cara menutup bagian hidung dan mulut dengan menggunakan tisu. Tehukah kita bahwa banyak kisah orang yang masuk rumah sakit akibat gendang telinga yang pecah, tulang rusuk retak dan juga pembuluh darah pada mata yang terkoyak. Semua itu bisa disebabkan karena menahan bersin.

Baca Juga  Tips Agar Wajah Tampak Lebih Glowing

Ada sebuah kejadian yang dilansir dari Telegrap mengisahan seorang pemuda asal Inggris berusia 34 tahun yang menahan bersin dengan cara menutup bagian hidung dan mulut. Setelah itu dia kaget karena mengalami gangguan sulit menelan dan juga berbicara. Akhirnya pria ini memutuskan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit.

Dari analisa dokter dan pemeriksaan penunjang berupa scan, maka ditemukan suatu udara yang menggelembung yang berasal dari paru-paru masuk pada jaringan dalam dan otot dada. Udara ini tak mampu keluar sehingga memicu gangguan kesehatan yang mengharuskannya dirawat di rumah sakit selama enam hari. Setellah itu kondisinya kembali baik.

Baca Juga  Jangan Menyepelekan Penyakit Maag Karena Juga Bisa Menyebabkan Kematian

Para pakar kesehatan juga membenarkan kalau suka menahan bersin bisa memicu gangguan kesehatan dan bahkan sampai aneurisma otak yang sangat berbahaya. oleh karena itu kita disarankan untuk tidak menahan bersin, terlebih dengan menutup bagian mulut dan hidung.

Artikel Terkait : Lebih Baik Mana, Antara Tisu dan Sapu Tangan Saat Flu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *