Jika Anda Sakit Asma Maka Harus Menghindari 7 Kebiasaan Ini

header niko 728 x 90

sakit asma

InspirasiBersama.com – Orang yang mempunyai penyakit asma tentu sangat tidak mengenakkan. Bagaimana tidak, asma tergolong penyakit yang mudah untuk kambuh. Untuk itu mereka yang menderita asma sering membawa obat asma sebagai antisipasi saat serangan asma datang secara tiba-tiba. Yang harus anda lakukan jika mempunyai riwayat asma adalah menghindari beberapa kebiasaan yang bisa memicu asma kambuh.

Ada 7 kebiasaan yang harus anda hindari jika anda mempunyai riwayat sakit asma. Bahkan menurut seorang ahli alergi dan imunologi yang berasal dari Kansas yang bernama Swlina Gierer mengatakan munculnya sakit asma sangat erat kaitannya dengan faktor lingkungan.

1. Pakai sepatu ke dalam rumah.
Jika anda mempunyai kebiasaan memakai sepatu jika di dalam rumah, maka sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan itu. Hal ini dikarenakan saat kita terbiasa menggunakan sepatu yang biasanya juga kita gunakan di luar rumah, maka sangat mungkin membawa banyak kotoran ke dalam rumah. Kotoran yang menempel pada sepatu bisa menjadi sebuah alergen yang bisa memicu seseorang untuk terkena asma. Apalagi bagi anda yang sudah mempunyai riwayat asma sebelumnya.

Baca Juga  Manfaat Olahraga Bagi Penderita Diabetes

2. Membuka jendela saat mengemudi.
Apakah anda termasuk orang yang sering membuka kaca mobil saat menyetir ?. Jika anda mempunyai riwayat asma sangat disarankan untuk merubah kebiasaan itu. Saat kita membuka kaca mobil saat menyetir, maka secara langsung akan ada banyak partikel udara kotor yang dengan leluasa masuk ke dalam mobil kita. Jika kita mempunyai alergi terhadap partikel udara yang kotor, maka sangat memicu asma untuk kambuh.

Partikel udara yang kotor yang masuk dan menempel pada mobil bisa kita buktikan saat kita berhenti pada tempat yang rindang, kemudian lakukan pengamatan pada mobil anda, maka akan ada banyak partikel udara yang menempel pada kaca dan bagian luar mobil.

3. Salah meletakkan pembersih udara.
Kebanyakan orang meletakkan pembersih udara pada lokasi pojok rumah. Padahal hal ini kurang efektif. Seharusnya pembersih udara kita taruh di tengah ruangan sehingga bisa membersihkan udara ruangan dengan maksimal. Selain itu jika anda sering menggunakan alat pembersih udara, maka sangat disarankan untuk mengganti filter udara secara berkala. Hal ini untuk menghindari filter yang penuh dengan debu yang membuat udara malah tambah kotor.
4. Minum obat penghilang nyeri.

Baca Juga  Penderita Diabetes Harus Berhati-hati Karena Serangan Jantung Bisa Terjadi Tanpa Adanya Nyeri Dada

Bagi anda yang mempunyai penyakit asma, maka saat anda menggunakan obat pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen maka sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini dikarenakan efek dari obat pereda nyeri bagi penderita asma bisa membuat efek radang pada saluran pernapasan.

5. Salah memilih produk pembersih lantai.
Jika anda mempunyai riwayat asma, maka jangan gunakan obat pembersih lantai yang mempunyai aroma yang menyengat. Selain itu anda juga harus menghindari perfum yang mempunyai aroma tajam karena bisa memicu asma kambuh.

Saat seorang penderita asma mencium aroma pembersih lantai atau parfum yang menyengat, maka akan meningkatkan resiko iritasi pada saluran napas sehingga kerap membuat penderita asma menjadi batuk dan mengalami mengi.

6. Berenang di kolam dalam ruangan.
Bagi anda yang mempunyai asma, maka sangat disarankan untuk tidak melakukan olehraga renang yang berada dalam ruangan tertutup atau indoor. Apalagi jika air dalam kolam renang tersebut banyak mengandung klorin yang baunya sangat menyengat dan sangat beresiko bagi mereka yang mempunyai penyakit asma. Berenang memang sangat bagus bagi penderita asma, namun jika air dalam kolam renang banyak mengandung klorin maka sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan anda.
7. Lilin beraroma.
Menyalakan lilin yang beraroma bagi kebanyakan orang sangat romantis. Apalagi jika kita bersama dengan orang yang kita sayangi. Namun jika anda mempunyai asma sangat disarankan untuk menghindari penggunaan lilin beraroma yang bisa membuat asma menjadi kambuh.

Baca Juga  Makan Alpukat Bisa Membuat Kulit Sehat dan Kencang

Artikel Terkait : Jenis Olahraga Yang Disarankan Bagi Penderita Asma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *