Jenis Tanaman Herbal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bersyukur sebagai warga negara Indonesia yang dikarunia alam yang subur. Kalau kita membahas tentang tanaman herbal, maka ada banyak sekali jenisnya yang tumbuh subur di negara kita. meskipun demikian masih banyak orang yang tak mengenal tanaman herbal serta manfaatnya bagi kesehatan.

 

Beberapa contohnya adalah temulawak, meniran, jinten dan kayu manis yang akan kita bahas manfaatnya. Kalau menurut pendapat para ahli mengatakan bahwa dalam satu jenis tanaman herbal, tidak hanya mengandung satu jenis manfaat kesehatan.

manfaat-temulawak

sumber gambar : temulawak.org

Itulah yang menjadi suatu kelebihan tanaman herbal yang senyawa obatnya masih bersifat utuh sehingga ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika mengkonsumsinya.

 

Sebenarnya ada banyak sekali jenis tanaman herbal yang bermanfaat, namun kali ini kita akan membahas 4 jenis saja dan manfaatnya bagi kesehatan :

Baca Juga  Mengapa Organ Intim Mempunyai Bau Yang Khas ?

1. Temulawak
Jenis tanaman herbal pertama yang kaya manfaat bagi kesehatan adalah temulawak. Jenis tanaman yang dimanfaatkan dalam bentuk rimpang atau batangnya ini mempunyai manfaat bagi kesehatan hati.

 

Ada banyak kandungan zat obat dalam temulawak yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan manusia. Diantaranya adalah mengandung kurkumin, xanthorizol dan minyak atsiri.

 

Mengkonsumsi tanaman herbal temulawak bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan hati saja, konsumsi temulawak juga bermanfaat menyehatkan empedu, menurunkan kadar kolesterol jahat, gangguan makan,  sering stres, bisa sebagai obat pencahar alami, mencegah radang dan nyeri sendi dan mampu meningkatkan produksi ASI.

Baca Juga : Meskipun Rasanya Pahit, Pare Mempunyai Manfaat Yang Besar Bagi Kesehatan

 

2. Meniran
Sudah tahu belum tanaman meniran, jenis tanaman ini biasanya tumbuh dengan liar di lingkungan kita. Bisa kita jumpai di ladang, tanah yang berbatu dan lingkungan yang lembab. Ternyata tanaman meniran berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

Baca Juga  Manfaat Orgasme Bagi Pria Jika Dilakukan Setiap Hari

 

Kandungan yang terkandung dalam tanaman meniran adalah flavonoid. Mengkonsumsi meniran bermanfaat bagi mereka yang menderita malaria, sariawan, menghancurkan batu ginjal dan mengobati infeksi saluran kencing.

 

3. Jinten Hitam
Jenis tanaman herbal ketiga adalah jinten hitam. Kalau yang satu ini mungkin banyak orang yang sudah mengenalnya. Tanaman herbal yang satu ini dikenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Ada banyak kandungan zat yang bermanfaat dalam jinten hitam diantaranya mengandung pamitoleat, margarat, miristat, miristoleat, linoleat, behenat dan asam lignoserat.

Mengkonsumsi jinten hitam bisa bermanfaat bagi penderita tifus, mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi insomnia, meningkatkan fungsi otak, mencegah gangguan pernapasan dan mencegah stres.

Baca Juga  Hilangkan Selulit Dengan Ramuan Yang Terbuat Dari 2 Bahan Dapur

 

4. Kayu Manis
Ibu-ibu tentunya sudah tidak asing lagi dengan kayu manis. Jenis tanaman herbal ini dikenal bermanfaat untuk bumbu masakan. Disamping bermanfaat bagi bumbu masak, kayu manis juga mengandung manfaat yang besar bagi kesehatan.

 

Adapun manfaat mengkonsumsi kayu manis bagi kesehatan adalah bisa menstabilkan gula darah sehingga sangat bagus bagi penderita diabetes, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan bermanfaat menghangatkan tubuh.

Artikel Terkait : Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *