Jenis Perawatan Kulit Yang Aman dilakukan Oleh Ibu Hamil

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tak dipungkiri bahwa wanita yang sedang hamil kerap mengalami masalah pada kulit. Hal ini terjadi secara normal karena pengaruh hormonal. Gangguan kulit tersebut bisa berupa munculnya pigmentasi, bintik hitam, muncul jaringan parut, muncul jerawat dan stretch marks.

Bagi sebagian wanita hamil, kondisi ini tentu sangat mengganggu. Oleh karena itu tak jarang mereka memilih menggunakan obat untuk mengatasi masalah kulit. Secara umum munculnya gangguan pada kulit akan muncul pada usia kehamilan trimester ke dua.

perawatan kulit yang aman bagi ibu hamil

Menggunakan obat tertentu termasuk untuk perawatan kulit saat hamil tidak boleh sembarangan. Hal ini bisa berdampak buruk bagi perkembangan janin yag dikandung. Bahkan ini berlaku juga untuk jenis obat kulit yang berbentuk krim. Beberapa jenis obat kulit yang harus dihindari bagi wanita hamil adalah antibiotik, jenis obat atau krim dengan kandungan vitamin A dan jenis krim yang terdapat kandungan asam salisilat dan mengandung bahan pemutih.

Baca Juga  ASI Keluar Sedikit ? Jangan Menyerah Lakukan Hal Ini

Lantas adakah jenis perawatan kulit yang aman dilakukan oleh ibu hamil ? Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada tiga jenis perawatan kulit yang dinilai aman dilakukan oleh ibu hamil :

Baca Juga : Sebaiknya Mengenali Jenis Kulit Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Perawatan

1. Chemical peeling

Jenis perawatan kulit yang aman dilakukan oleh wanita hamil adalah chemical peeling. Jenis perawatan ini berfungsi untuk mengatasi kerutan halus pada kulit, mengatasi pori-pori, mengatasi jerawat, gangguan pigmentasi dan mengatasi scars. Chemical pheeling dinilai aman karena mengandung asam glikolat yang berasal dari buah. Jenis perawatan kulit ini juga cocok bagi semua jenis kulit wanita.

Baca Juga  Rahasia Sukses Mengecilkan Perut

2. Mikrodermabrasi

Jenis perawatan kulit yang kedua yang boleh dilakukan oleh ibu hamil adalah mikrodermabrasi. Jenis perawatan kulit ini berfungsi untuk mengatasi paisan kulit yang bermasalah dengan cara mengikis pada lapisan permukaan kulit. Degan begitu, maka akan mendorong pertumbuhan sel baru pada kulit. Jangan khawatir melakukan perawatan mikrodermabrasi ini tidak menyebabkan rasa sakit seperti yang kita bayangkan.

3. Intraceutical O2

Perawatan kulit ketiga yang aman bagi ibu hamil adalah intraceutical O2. Caranya adalah dengan menggunakan serum yang dimasukkan ke dalam kulit. Jenis terapi ini merupakan terapi oksigen.

Baca Juga  Konsumsi Delima Bisa Membuat Kita Awet Muda

Manfaat dari model terapi ini adalah untuk membunuh bakteri anaerob pada kulit. Dengan begitu akan mematikan bakteri dan membuat kondisi kulit menjadi tenang, dingin dan sangat bagus untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Jerawat Yang Muncul Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *