Jenis Olahraga Yang Paling disarankan Bagi Ibu Hamil

header niko 728 x 90

olahraga sedang hamil

InspirasiBersama.com – Olahraga memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia tidak terkecuali bagi wanita yang sedang hamil. Melakukan olahraga saat hamil mempunyai dampak yang sangat bagus bagi kesehatan ibu dan janin. Namun tidak semua jenis olahraga dibolehkan bagi ibu hamil, ada jenis olahraga yang sangat disarankan bagi wanita yang sedang hamil.

Seorang wanita hamil yang rajin melakukan olahraga akan sangat bermanfaat mencegah resiko diabetes gestasional, mengontrol berat badan ibu, dan meningkatkan kesehatan mental ibu. Dengan begitu maka akan berdampak positif bagi kesehatan janin.

Menyikapi hal yang demikian, maka sebuah badan yang bernama The Department of Health and Human Services sangat menyarankan bagi ibu hamil untuk rajin melakukan olahraga aerobik setidaknya selama 150 menit selama seminggu. Meskipun sangat disarankan, tetap melakukan konsultasi dengan dokter kandungan anda adalah yang terbaik.

Baca Juga  Ternyata Kaki Bisa Menjadi Indikasi Adanya Masalah Kesehatan

Seorang ibu hamil juga sangat rentan untuk mengalami cidera. Untuk itu tidak semua jenis olahraga disarankan dan harus berhati-hati dalam melakukannya. Hal ini disebabkan karena saat hamil ada peningkatan kadar hormon progesteron yang membuat sendi dan ligamen ibu menjadi lebih lunak yang meningkatkan resiko cidera.

Selain itu ada jenis olahraga lain yang dinilai oleh para ahli cukup aman bagi wanita hamil. Beberapa diantaranya adalah berjalan kaki, bersepeda namun yang statis, yoga dan berenang. Meskipun dinilai cukup aman, seorang ibu hamil harus tetap berhati-hati dalam melakukannya.

Baca Juga  Benarkah Keseringan Menggunakan Instagram Membuat Payudara Mengecil ?

Baca Juga : Apakah Boleh Berenang Saat Hamil ?

Dengan rutin melakukan olahraga, maka ibu hamil akan melatih kerja jantung yang sangat bagus bagi kesehatan jantung untuk mempersiapkan proses persalinan kelak. Namun jika ternyata setelah melakukan olahraga membuat ibu merasakan sesak napas, kepala menjadi pusing dan kelelahan, maka sebaiknya mengurangi porsi latihan menjadi ringan.

Sangat tidak disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan olahraga yang dipaksakan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Untuk mengukur kekuatan tenaga ibu saat berolahraga, maka bisa diketahui dengan cara mengukur kemampuan bicara saat berolahraga. Jika ternyata saat olahraga masih mampu berbicara, bernyanyi maka bisa dibilang masih cukup aman.

Baca Juga  Kecanduan Sosial Media Pada Remaja Menyebabkan Hubungan Yang Tak Sehat

Namun jika ternyata saat berolahraga kemampuan berbicara atau bercakap-cakap mengalami kesulitan, tidak bisa melakukan nyanyi saat berolahraga maka sebaiknya ibu mengurangi atau beristirahat sejenak untuk memulihkan stamina. Jangan sampai dipaksakan karena tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin.

Artikel Terkait : Saat Hamil Jangan Sembarangan Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *