Jenis Olahraga Yang Disarankan Bagi Penderita Asma

header niko 728 x 90

penderita asma

InspirasiBersama.com – Jika kita saat ini anda menderita penyakit asma, maka keinginan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga menjadi hal yang bisa dibilang menakutkan karena bisa menimbulkan masalah bagi tubuh kita.

Tetapi apakah artinya penderita asma tidak boleh melakukan olahraga ? tentu tidak. Seorang yang menderita asma memiliki tipe olahraga khusus yang bisa dilakukan agar tidak menimbulkan rasa sesak setelah melakukan olahraga.

Berikut beberapa jenis olahraga yang disarankan bagi penderita asma :

 

1. Berjalan

Bagi anda penderita asma bisa melakukan olahraga berjalan. Anda bisa melakukan berjalan selama 30 menit dengan diawali pemanasan selama lima menit, dan diakhiri dengan pendinginan selama lima menit pula.

Sebuah studi menyatakan bahwa dengan melakukan olahraga berjalan tiga kali seminggu selama 12 minggu, maka akan bisa meningkatkan kebugaran tubuh bagi penderita asma.

Baca Juga  Dampak Buruk Wanita Hamil Tidur Terlentang

 

2. Yoga

Jenis olahraga yoga adalah sangat efektif bagi pendeita asma. Metode latihan pernapasan pada teknik yoga dapat membantu paru-paru menjadi lebih baik.

Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa dengan melakukan Hatha yoga selama 10 minggu dengan rentan waktu setengah jam saja per minggunya akan bisa berdampak pada ketergantungan terhadap obat asma. Selain itu aktiitas Tai Chi yang merupakan  jenis bela diri yang sangat mengedepankan pernapasan juga dinilai sangat bagus bagi penderita sma.

 

3. Golf

Olahraga golf ternyata juga sangat bagus untuk pencegahan penyakit asma. Kegiatan fisik yang menggunakan stick golf kemudian mengayunkan tangan dan berjalan dinilai oleh para ahli sangat bagus untuk penderita amaupun pencegahan penyakit asma.

Baca Juga  Dampak Buruk Makan Saat Sedang Stres Bisa Memicu Penyakit

 

4. Olahraga raket

Jenis olahraga yang disarankan bagi penderita asma adalah jenis olahraga raket misalnya tenis dan bulu tangkis. Yang perlu diwaspadai saat melakukan olahraga ini adalah rasa lelah dan dehidrasi. Usahakan jangan sampai anda merasa lelah yang berlebihan yang bisa memicu sesak. Selain itu dehudrasi yang tidak cepat mendapat asupan air juga bisa menimbulkan rasa sesak.

 

5. Berenang

Renang menjadi jenis olahraga yang sangat pas bagi penderita asma. Dengan rutin melakukan renang maka akan bisa melatih pernapasan kita dengan baik. Selain itu juga bisa untuk membersihkan lendir pada paru-paru kita.

Baca Juga  Beberapa Fakta Tentang Minyak Zaitun Yang Perlu diketahui

Yang perlu anda waspadai sebagai penderita asma saat mau berenang adalah hati-hati dengan kolam renang yang banyak mengandung klorin. Klorin yang terkandung dalam air kolam renang akan bisa memicu asma kambuh. Lakukan penciuman terhadap bau air kolam renang sebelum kita berenang, kalau berbau klorin maka sebaiknya anda tinggalkan dari pada memperberat penyakit asma kita.

 

Artikel Terkait : Manfaat Olahraga Bagi Penderita Diabetes 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *