Jenis Olahraga Ringan Yang Disarankan Bagi Penderita Diabetes

header niko 728 x 90

manfaat jalan santai 2

InspirasiBersama.com – Bagi seorang penderita diabetes pastinya ingin melakukan olahraga agar membuat gula darah mereka menjadi normal. Namun banyak diantara mereka yang tidak tahu jenis olahraga ringan apa yang disarankan bagi penderita diabetes.

Untuk mengetahui jenis olahraga ringan yang cocok bagi penderita diabetes, maka para ahli melakukan sebuah studi yang dilakukan kepada mereka yang mempunyai berat badan berlebih dan mempunyai riwayat diabetes. Mereka dihubungkan dengan banyak kegiatan fisik yang berhubungan dengan hasil tes kadar gula darah setelah melakukan aktivitas fisik tersebut.

Dari hasil studi tersebut didapatkan bahwa melakukan jalan ringan bagi penderita diabetes sangat baik pada hasil tes gula darah mereka. Saat dilakukan cek gula darah, mereka yang rajin melakukan jalan ringan memiliki kadar gula darah yang lebih rendah. Ini membuat hormon insulin dalam tubuh kita bekerja dengan baik mengendalikan kadar gula darah.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengenali Menstruasi Yang Tidak Sehat ?

Baca Juga : Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

Secara hakiki, tubuh manusia diciptakan untuk bergerak secara aktif. Oleh karena itu tidak heran jika setelah melakukan jalan ringan maka fungsi tubuh kita akan mampu bekerja lebih baik dibandingkan dengan banyak duduk.

Tahukah kita bahwa kejadian diabetes dalam tubuh akan terjadi apabila tubuh gagal melakukan proses pemecahan gula dengan baik. Salah satu cara agar proses pemecahan ini berjalan dengan baik adalah dengan membakarnya dengan cara beraktivitas fisik.

Dalam sebuah hasil studi sebelumnya juga menyatakan bahwa seseorang yang malas melakukan aktivitas fisik, maka akan mempunyai resiko yang lebih besar terhadap penyakit diabetes. Bahkan gejala diabetes akan lebih parah lagi.

Baca Juga  Begini Cara Menangani Anak Yang Mimisan

Bagi anda yang saat ini disibukkan dengan pekerjaan yang tinggi dan tidak sempat melakukan olahraga jalan ringan, maka solusinya adalah anda bisa memanfaatkan saat bekerja dengan aktivitas yang menyehatkan. Misalnya anda harus mengurangi porsi waktu duduk yang lama selama bekerja. Cobalah untuk bergerak, berjalan setelah 30 menit anda duduk di meja kerja.

Kegiatan sepele seperti ini ternyata terbukti mampu membuat gula darah kita lebih stabil. Dengan kadar gula darah yang stabil, maka bisa menurunkan resiko terhadap penyakit diabetes.

Sebenarnya penyakit diabetes selain disebabkan karena faktor keturunan, pola makan dan pola hidup yang tidak sehat juga sangat mempengaruhi. Misalnya saja sering makan dalam porsi besar, banyak makan berlemak, kurang olahraga, merokok dan sering begadang pada malam hari. Itulah jenis olahraga ringan yang disarankan bagi penderita diabetes. Yang perlu diperhatikan adalah bagi penderita diabetes dilarang untuk melakukan olahraga berat atau memaksakan diri melakukan olahraga dalam waktu yang lama karena akan membuat kadar gula darah menjadi sangat rendah.

Baca Juga  Penyebab Berat Badan Sulit Turun Pasca Melahirkan

Artikel Terkait : Tanda Kalau Gula Darah Kita Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *