Jenis Obat Yang Aman dikonsumsi Olah Wanita Hamil

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Wanita yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat. Oleh karena itu wanita hamil diusahakan agar tidak sampai sakit. Jika sembarangan mengkonsumsi obat, maka bisa berdampak buruk bagi janin yang dikandung.

Meskipun menjadi hal yang serius, banyak wanita hamil yang belum mengetahui jenis obat yang aman untuk dikonsumsi. Pengetahuan ini sangatlah penting untuk mencegah konsumsi obat sembarangan selama hamil. Sangat disarankan bagi anda yang sedang hamil dan mengalami sakit, maka periksakan ke dokter untuk menghindari konsumsi obat secara sembarangan yang berbahaya bagi janin.

kategori obat untuk ibu hamil

kategori obat yang aman untuk ibu hamil

Berikut beberapa jenis obat yang terbilang aman dikonsumsi oleh wanita hamil :

– Penghilang nyeri
Untuk jenis obat pereda nyeri yang aman bagi wanita hamil adalah paracetamol. Namun perlu juga memperhatikan dosis yang disarankan. Apabila anda memilih jenis obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan naproxen, maka efek samping bisa membuat cairan ketuban menjadi berkurang. Selain itu konsumsi ibuprofen juga menyebabkan kelainan pada pembuluh darah jantung bayi.

Baca Juga  Apa Tanda Kalau Tahi Lalat Berbahaya Bagi Kesehatan ?

– Sembelit
Apabila wanita hamil mengalami sembelit saat hamil, maka mengkonsumsi obat pencahar yang dijual secara umum masih tergolong aman. Sembelit pada masa hamil menjadi hal yang wajar karena pengaruh hormon progesteron yang meningkat. Namun jika anda mengalami sembelit, maka lebih disarankan untuk memperbanyak konsumsi serat karena lebih bersifat alami.

– Gangguan pencernaan dan Heartburn
Gangguan kesehatan yang juga sering terjadi pada wanita hamil adalah heartburn (dada terasa panas) dan gangguan pencernaan. Kondisi ini juga sangat dipengaruhi oleh hormon progesteron yang meningkat.

Apabila anda mengalami gangguan ini, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan kepada dokter. Selain itu anda juga disarankan untuk memperhatikan pola makan. Sebaiknya makan dalam jumlah sedikit namun sering. Tidak disarankan melakukan makan dua jam sebelum tidur.

– Infeksi
Yang mungkin terjadi pada wanita hamil adalah mengalami infeksi. Sebagai contoh adalah mengalami infeksi radang tenggorokan dan infeksi saluran kencing. Saat terjadi infeksi atau radang, maka memerlukan sebuah terapi antibiotik. Jenis antibiotik yang aman dikonsumsi oleh wanita hamil adalah golongan penisilin.

Baca Juga  Benarkah Banyak Konsumsi Gula Bisa Memicu Munculnya Kanker ?

– Jamur
Wanita hamil juga kerap mengalami infeksi jamur yang menyebabkan rasa gatal dan membuat rasa tidak nyaman. Meskipun demikian infeksi jamur tidak memiliki efek bahaya terhadap janin yang dikandung, namun ibu hamil akan merasa tidak nyaman karena gatal.

Jika anda mengalami hal ini saat hamil, maka jangan sembarangan mengkonsumsi obat pil anti-jamur. Jika mengkonsumsi secara sembarangan bisa berbahaya bagi kesehatan janin. Sangat disarankan untuk pergi ke dokter jika anda mengalami infeksi jamur.

Baca Juga : Fenomena Pusar Yang Mennonjol Saat Hamil

– Salesma 
Secara umum jenis obat batuk dan semprot hidung aman dikonsumsi oleh wanita hamil. Namun tidak disarankan untuk melakukan kombinasi obat misalnya pemberian paracetamol dengan obat batuk. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis obat yang menjadi gejala paling dirasakan oleh ibu hamil.

– Flu
Wanita yang sedang hamil juga rentan mengalami flu yang disebabkan karena penurunan kekebalan tubuh. Apabila seorang ibu hamil mengalami flu berat, maka dibolehkan mengkonsumsi obat flu antivirusoseltamifir(tamiflu). Obat jenis ini tergolong aman bagi ibu hamil. Untuk lebih cepat lagi, anda harus memperbanyak asupan makanan yang kaya kandungan gizi sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga  Rutin Lakukan Olahraga Lompat Tali dan Kickboxing Selama 1 Jam Bisa Bakar Hingga 750 Kalori

– Untuk penyakit kronik
Wanita yang sedang hamil juga kerap mengalami penyakit kronik semisal diabetes, asma dan hipertensi. Jika mengalami penyakit ini, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter apakah obat yang biasa dikonsumsi aman bagi kesehatan janin.

Biasanya obat yang biasa diminum masih boleh dikonsumsi, namun disarankan untuk menggunakan dosis yang paling rendah untuk mencegah resiko terhadap janin yang dikandung.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Manfaat Asam Folat Bisa Menghindarkan Janin Dari Cacat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *