Jenis Makanan Yang Sebenarnya Tidak Perlu disimpan Dalam Kulkas

header niko 728 x 90

tips menyimpan makanan dalam kulkas

InspirasiBersama.com – Kebanyakan dari kita akan memanfaatkan kulkas sebagai tempat menyimpan banyak jenis makanan. Hal ini tidak ada yang salah, karena kulkas memang menjadi tempat penyimpanan makanan yang paling baik. Namun ternyata tidak semua makanan memerlukan kulkas sebagai tempat menyimpan, ada beberapa jenis makanan yang sebenarnya tidak perlu disimpan dalam kulkas.

Biasanya kita akan menyimpan segala jenis buah dan sayuran dalam kulkas. Hal ini untuk menghindari adanya pembusukan. Padahal apa yang kita lakukan justru akan membuat kualitas buah atau sayuran akan berkurang kandungan nutrisinya akibat kita simpan dalam kulkas.

Baca Juga : Kulkas Menjadi Tempat Menyimpan Parfum Yang Baik

Berikut jenis makanan yang sebenarnya tidak perlu disimpan adalam kulkas :

1. Bawang putih
Jenis bahan makanan pertama yang tidak perlu disimpan dalam kulkas adalah bawang putih. Sebaiknya kita menyimpan bawang putih sebelum dikupas pada tempat yang kering bukan di kulkas yang suhunya lebih lembab. Dalam suhu ruangan, bawang putih akan bisa bertahan selama kurang lebih enam bulan. Justru kalau kita masukkan dalam kulkas akan menyebabkan kondisi bawang putih menjadi dehidrasi dan muncul tunas pada bawang putih.

Baca Juga  Bahaya Tidak Mempunyai Teman Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

2. Saus
Tahukah kita ternyata saus tidak disarankan untuk disimpan dalam kulkas. Kebanyakan dari kita menyimpannya dalam kulkas. Hal ini disebabkan karena dalam saos sudah mengandung garam, gula dan juga cuka apel yang semuanya bisa menjadi pengawet alami bagi saos itu sendiri. Oleh karena itu saos bisa kita letakkan pada dapur dengan suhu ruangan biasa saja.

Baca Juga  Hubungan Fruktosa Dengan Munculnya Lemak Dalam Tubuh

3. Melon
Selanjutnya adalah sering kali kita menyimpan buah melon atau semangka bulat dalam kulkas. Padahal hal ini tidak perlu. Buah semangka dan melon yang masih bulat (belum di kupas) sebaiknya kita taruh pada ruangan biasa. Terkecuali kita sudah mengirisnya dan sisanya kita taruh dalam kulkas agar tidak mudah membusuk.

4. Bawang merah
Seperti pada bawang putih, bawang merah juga sangat disarankan untuk tidak disimpan dalam kulkas. Anda cukup menyimpannya dalam suhu ruangan biasa karena bisa lebih bertahan lama.

5. Kentang
Jika anda mempunyai kebiasaan menyimpan kentang dalam kulkas, sangat disarankan untuk menghentikannya. Hal ini disebabkan karena saat kentang tersimpan dalam kulkas, maka kandungan pati pada kentang akan berubah menjadi gula yang membuat rasa dan warna kentang menjadi berubah.

Baca Juga  Apa Benar Vaksin HPV Menyebabkan Menopause Dini ?

6. Tomat
Jenis bahan makanan terakhir yang tidak disarankan untuk disimpan dalam kulkas adalah tomat. Tidak disarankan untuk menyimpan buah tomat dalam kulkas karena justru meningkatkan kandungan air dalam tomat yang disebabkan karena suhu dingin. Sangat disarankan untuk menyimpan tomat pada suhu ruangan biasa dan hindari sinar matahari secara langsung.

Artikel Terkait : Alasan Kulkas Menjadi Tempat Menyimpan Makanan Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *