Jenis Makanan Yang Mengandung Zat Besi Selain Daging Merah

header niko 728 x 90

zat-besi-dalam-bayam

InspirasiBersama.com – Ada banyak sekali manfaat zat besi dalam tubuh manusia diantaranya membantu mengalirkan banyak oksigen ke banyak sel, memperkuat pertahanan tubuh dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif otak. Dengan manfaat yang banyak, maka penting sekali kita untuk mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber zat besi.

Ternyata dalam sehari tubuh manusia hanya memerlukan sebanyak 18 miligram zat besi untuk bisa mendukung berbagai fungsi tubuh. Selain terdapat pada daging merah, ada banyak makanan lain yang juga mengandung zat besi.

Bagi anda yang saat ini suka mengkonsumsi daging merah, mungkin tidak akan mudah untuk mendapatkan asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Yang menjadi masalah adalah mereka yang tidak suka mengkonsumsi daging merah alias vegetarian. Menurut para ahli bagi seorang vegetarian membutuhkan lebih banyak lagi sumber zat besi sekitar 32 miligram untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam sehari.

Baca Juga  Beberapa Bahan Dapur Ini Ampuh Dalam Mengatasi Gejala Batuk

Berikut beberapa jenis makanan lain yang mengandung zat besi selain daging merah :
TIRAM

Jenis makanan pertama yang juga kaya akan kandungan zat besi adalah tiram. Banyak orang yang mengenal jenis makanan ini sebagai afrodisiak namun kaya akan kandungan zat besi. Bahkan menurut para ahli, kandungan zat besi pada tiram lebih tinggi dibandingkan dengan daging merah.
KACANG PUTIH

Jenis makanan kedua yang memiliki banyak kandungan zat besi selain daging merah adalah kacang putih. Dalam setengah cangkir kacang putih ternyata mengandung empat miligram zat besi. Bukan hanya itu saja jenis kacang ini juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet karena banyak mengandung serat, protein dan mampu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kestabilan gula darah.
BAYAM

Baca Juga  Sulitnya Menyembuhkan Diabetes Oleh Karena Itu Sangat disarankan Untuk Mencegah

Makanan selanjutnya yang kaya zat besi adalah sayuran bayam. Sudah banyak orang yang mengenal bayam sebagai sumber zat besi selain daging merah. Bukan hanya itu saja sayuran hijau ini ternyata juga menyimpan 20 vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Baca Juga : Makanan Yang Kaya Akan Kandungan Kalsium
BIJI CHIA

Ternyata biji chia juga menjadi jenis makanan yang kaya akan kandungan zat besi selain daging merah. Selain mengandung zat besi yang tinggi, biji chia juga banyak mengandung asam lemak omega-3.
KAKAO

Baca Juga  Tips Membedakan Migrain dan Sakit Kepala Biasa Dengan Mengenali Tanda-tandanya

Jenis makanan terakhir yang juga kaya akan kandungan zat besi selain daging merah adalah kakao. Biasanya banyak orang memanfaatkan kakao sebagai campuran dalam membuat kue atau bisa juga dibuat menjadi sebuah minuman. Selain mengandung zat besi, kakao juga kaya akan kandungan flavonoid dan magnesium yang sangat baik bagi kesehatan otak.

Artikel Terkait : Tanda Kalau Ibu Hamil Kekurangan Asupan Zat Besi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *