Jenis Makanan Yang Disarankan Untuk Dikonsumsi Wanita Hamil Selama Puasa

header niko 728 x 90

menu makanan wanita hamil selama puasa

InspirasiBersama.com – Meskipun dari segi agama wanita yang sedang hamil dibolehkan untuk tidak berpuasa, namun masih banyak wanita hamil yang tetap menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini. Dari segi agama dan kesehatan hal ini dibolehkan asalkan kondisi kehamilan ibu sehat. Untuk mewujudkan hal ini, maka ada jenis makanan yang disarankan bagi wanita hamil yang menjalankan ibadah puasa.

Kita semua tahu bahwa seorang wanita yang hamil membutuhkan banyak asupan makanan yang bergizi untuk perkembangan kehamilan dan janin. Dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, maka bisa melahirkan keturunan yang berkualitas.

Berikut beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil selama puasa :
1. Pilih makanan yang melepaskan energi secara perlahan.

Jenis makanan pertama yang disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil selama puasa adalah jenis makanan yang melepaskan energi secara perlahan. Anda bisa mengkonsumsi jenis karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah dan cokelat. Selain konsumsi karbohidrat kompleks, disarankan pula untuk konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran.

Baca Juga  Seorang Atlet Juga Bisa Mengalami Sakit Jantung

Dengan mengkonsumsi jenis makanan tersebut, maka akan bisa memberikan efek lebih bertenaga selama ibu hamil menjalankan puasa. Bukan hanya itu saja, konsumsi banyak serat juga bisa menghindarkan seorang ibu hamil dari kondisi sembelit.
2. Hindari terlalu banyak makanan dan minuman manis pada saat sahur dan berbuka

Bagi seorang wanita hamil yang tetap menjalankan puasa disarankan pula untuk membatasi asupan makanan dan minuman yang banyak mengandung gula. Jika wanita hamil suka konsumsi makanan dan minuman yang tinggi kandungan gula, maka bisa memicu peningkatan kadar gula darah yang justru akan membuat ibu hamil menjadi lemas. Kondisi ini disebabkan karena tubuh bekerja lebih keras untuk menurunkan kadar gula yang tinggi.

Saat kondisi seperti ini kerap wanita hamil akan juga mengalami kepala pusing. Jadi kalau sahur dan berbuka puasa jangan banyak konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula.
3. Pastikan ibu hamil mendapatkan banyak protein 

Baca Juga  Apa Yang Seharusnya Dilakukan Orang Tua Saat Anak Menderita DBD

Untuk memberikan nutrisi yang cukup selama puasa, maka wanita hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi protein yang cukup. Kandungan protein bisa didapatkan ibu dengan konsumsi ikan, daging, telur dan kacanng-kacangan. Konsumsi jenis makanan tersebut pada saat sahur dan berbuka puasa.
4. Hindari ngemil makanan tinggi gula dan lemak

Selain itu penting juga wanita hamil untuk menghindari ngemil makanan yang banyak mengandung lemak dan gula. Untuk menggantinya, ibu hamil bisa memanfaatkan camilan yang terbuat dari buncis kukus, buah-buahan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan janin.
5. Cobalah untuk minum sekitar 1,5 -2 liter air antara waktu berbuka hingga sahur

Seorang wanita hamil juga sangat penting memperhatikan jumlah asupan air. Lakukan konsumsi air sebanyak 1,5 sampai 2 liter antara saat berbuka puasa sampai pada datangnya waktu sahur.
6. Hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi

Baca Juga  Bahaya Tertidur Saat Nonton TV

Jenis minuman yang perlu dihindari bagi wanita hamil yang menjalankan puasa adalah jenis minuman yang banyak mengandung kafein seperti teh dan kopi. Jika kita banyak konsumsi teh dan kopi, maka akan memicu untuk sering buang air kecil yang justru akan membuat tubuh kita dehidrasi karena banyak cairan yang dibuang lewat air kencing.

Baca Juga : Sering Konsumsi Kafein Selama Hamil Meningkatkan Resiko Keguguran

Minuman alternatif yang baik bagi wanita hamil adalah air kelapa. Anda bisa mengkonsumsinya setelah datang waktu berbuka puasa.

Artikel Terkait : Manfaat Makan Ikan Tuna Saat Hamil 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *