Jenis Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat

header niko 728 x 90

jeroan

InspirasiBersama.com – Peningkatan kadar kolesterol dalam darah kerat dihubungkan dengan berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu orang yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, akan cenderung mempunyai kadar asam urat yang tinggi pula. Untuk mengantisipasi hal ini, maka sebaiknya penderita kolesterol yang tinggi dan asam urat menghindari jenis makanan berikut.

 

Penyakit asam urat akan menimbulkan gejala rasa nyeri yang sering terjadi pada jempol kaki. Pada kasus penyakit asam urat, maka terjadi suatu peradangan yang membuat sendi menjadi nyeri, kaku dan membengkak. Hal ini disebabkan karena banyaknya tumpukan zat asam urat pada darah.

 

Bahkan menurut para ahli reumatologi mengatakan bahwa penyakit asam urat erat kaitannya dengan masalah metabolisme dalam tubuh. Sebagai contohnya adalah metabolisme kolesterol. Dengan peningkatan kadar kolesterol yang tinggi, maka akan memicu penyakit asam urat.

 

Lantas bagaimana cara mencegah agar kita terhindar dari penyakit kolesterol dan asam urat ? Solusi paling efektif adalah menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Anda harus menghindari banyak makanan yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol dan asam urat serta rajin melakukan olahraga secara teratur.

Baca Juga  Makanan Apa Saja Yang Bisa Meningkatkan Produksi Sperma ?

 

Berikut beberapa jenis makanan yang dilarang bagi penderita asam urat dan kolesterol yang tinggi :

Jeroan

Jenis makanan pertama yang dilarang bagi penderita peningkatan kadar kolesterol dan asam urat adalah jeroan. Jeroan merupakan jenis makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Banyak kalangan masyarakat yang menyukai jenis makanan yang banyak terdapat pada rempela, hati, ginjal, babat dan kikil. Jeroan yang telah di contohkan banyak mengandung purin yang sangat disarankan untuk dihindari bagi penderita asam urat dan kolesterol.

Yang terjadi kalau kita banyak konsumsi makanan yang tinggi purin adalah saat purin masuk dalam tubuh kita akan dipecah oleh tubuh menjadi asam urat. Tahukah kita bahwa hati merupakan bagian organ hewan yang banyak mengandung kolesterol. Hal ini disebabkan karena dalam organ hati terjadi pembuatan dan penyimpanan kolesterol.

Baca Juga  Tips Mengatasi Susah Makan Bagi Ibu Hamil Karena Mual dan Muntah

Makanan laut (seafood)

Jenis makanan selanjutnya yang dilarang bagi penderita asam urat dan kolesterol tinggi adalah makanan laut atau seafood. Ada banyak contoh makanan seafood yang banyak mengandung purin yaitu sarden, ikan teri, tuna, kerang serta lobster.

 

Apalagi orang Indonesia sangat suka dengan makanan yang digoreng. Betapa banyaknya kandungan purin serta kolesterol jika kita konsumsi makanan seafood yang melalui proses pengorengan.

Daging

Daging merah merupakan jenis makanan selanjutnya yang kaya akan kandungan kolesterol dan purin yang tinggi. Untuk itu bagi para penderita asam urat dan kolesterol yang tinggi, sangat disarankan untuk membatasi konsumsi daging merah. Untuk menggantinya anda bisa mengkonsumsi daging putih yang bisa berasal dari ayam dan kalkun. Jika anda terpaksa memakan daging merah, maka usahakan untuk membuang lemak yang banyak menempel pada daging merah.

Baca Juga  Apa Saja Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil ?

Alkohol

Tahukah kita, jika kita suka konsumsi minuman beralkohol seperti minuman keras, maka akan memicu peningkatan kadar kolesterol dan asam urat menjadi tinggi. Hal ini disebabkan karena asam urat dan kolesterol sangat tidak bersahabat dengan alkohol.

Apakah anda masih suka konsumsi minuman beralkohol lagi ?. Itulah beberapa jenis makanan yang dilarang dikonsumsi bagi penderita asam urat dan kolesterol yang tinggi. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, maka kita akan mendapatkan hasil berupa tubuh yang sehat terbebas dari penyakit.

Artikel Terkait : Makanan Apa Saja Yang Bagus Untuk Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *