Jenis Makanan Yang Bisa Menggantikan Nasi Sebagai Sumber Karbohidrat

header niko 728 x 90

sumber karbohidrat

InspirasiBersama.com – Apakah anda saat ini mencari jenis makanan yang bisa menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat ?. Sebagian orang mungkin merasa bosan dengan rutinitas makan nasi sebagai satu-satunya sumber karbohidrat. Disamping itu, kandungan glukosa nasi yang tinggi membuat beberapa orang tersebut mencari alternatif sumber makanan pengganti nasi.

 

Memang tidak disalahkan kalau lidah orang Indonesia menyebut makan berarti harus ada unsur nasi. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia sumber karbohidrat berasal dari nasi. Bahkan kalau belum makan nasi namanya belum ‘afdol’ kata orang-orang.

Kabar baik bagi anda yang mencari informasi jenis makanan yang bisa menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat. Ada 4 jenis makanan yang bisa anda manfaatkan sebagai sumber pengganti nasi. Bahkan beberapa jenis makanan ini menurut para ahli lebih menyehatkan dibandingkan dengan nasi. Selain itu sumber karbohidrat ini juga disebut bagus bagi penderita diabetes.

Jagung

Bagi beberapa daerah di Indonesia, jagung sudah banyak yang menggunakan sebagai sumber karbohidrat. Biasanya mereka menggunakan jagung bersama dengan nasi atau lebih dikenal dengan sebutan nasi jagung. Bahkan sampai saat ini nasi jagung masih menjadi menu makanan utama di beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga  Sering Duduk Jongkok Bagus Bagi Anda Yang Sulit BAB

Kalau kita membahas kandungan jagung, jagung mempunyai banyak kandungan vitamin dan zat-zat lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jagung kaya akan kandungan vitamin B seperti B1, B3, B5 dan B9 atau dikenal dengan folat. Bukan hanya itu saja jagung juga kaya akan kandungan serat, magnesium, fosfor dan vitamin C yang sangat penting bagi perkembangan tubuh kita.

Selain itu jagung juga dinilai bagus untuk para penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat jagung dalam 100 gr hanya 74 gr. Berbeda dengan nasi yang dalam 100 gr mengandung 80 gr karbohidrat. Selain itu kandungan serat dalam jagung juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dan mampu melancarkan buang air besar.

Kentang

Jenis makanan selanjutnya yang bisa menggantikan nasi adalah kentang. Ternyata kandungan karbohidrat kentang lebih sedikit sekitar 17,47 gr dibandingkan dengan nasi. Ada banyak kandungan vitamin yang terkandung dalam kentang, diantaranya adalah vitamin B6, B1, B3, dan B5, kalium, vitamin C, magnesium, mangan dan zat besi.

Baca Juga  Konsumsilah Buah Pisang Sebelum Anda Melakukan Hubungan Seksual

Ada banyak manfaat mengkonsumsi kentang bagi kesehatan, diantaranya sangat bagus bagi kesehatan tulang, mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi, mencegah peradangan, sangat bagus bagi kesehatan jantung dan mampu mengatasi masalah tidur atau insomnia.

Bukan hanya itu saja ternyata konsumsi kentang juga bisa mencegah kita terhadap kanker akibat radikal bebas, menjaga berat badan kita tetap ideal, mencegah konstipasi dan menjaga kesehatan kulit kita.

Singkong

Jenis makanan yang satu ini sangat mudah kita jumpai di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia sebagai salah satu negara produsen singkong terbesar kedua di dunia. Anda bisa memanfaatkan singkong sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.

 

Kalau untuk kandungan vitaminnya, singkong memiliki kandungan vitamin dan zat-zat yang hampir sama dengan kentang. Cuman dalam singkong terdapat zat kimia yang disebut dengan glikosida sianogen yang apabila masuk dalam tubuh kita bisa melepaskan zat sianida. Namun anda jangan khawatir untuk makan singkong, cukup anda bersihkan dengan benar sebelum memasak kentang maka kandungan zat kimia tersebut akan hilang.

Baca Juga  Orang Yang Menderita Diabetes Akan Menurunkan Harapan Berumur Panjang

Ubi

Ubi merupakan jenis sumber karbohidrat yang cukup digemari di Indonesia. Hal ini dikarenakan ada banyak jenis olahan makanan yang bisa dihasilkan dari ubi. Selain itu ubi hanya mengandung 20,1 gr karbohidrat. Selain itu ubi juga kaya akan kandungan vitamin A, B1, B5, B6, mangan, kalium, magnesium dan fosfor.

Dengan kandungan yang kaya akan vitamin tersebut, konsumsi ubi dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesuburan pria dan wanita serta mampu menjaga kesehatan mata dan kulit kita.

Artikel Terkait : Benarkah Nasi Bisa Memicu Diabetes ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *