Jenis Makanan Pengganti Susu Yang Banyak Mengandung Kalsium

header niko 728 x 90

brokoli 4

InspirasiBersama.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa kalsium memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh kita terutama untuk tulang, gigi, serta otot, sel dan saraf agar bisa berfungsi dengan baik. Untuk itu dalam sehari kita membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1.000 mg atau sama dengan dua gelas susu. Lantas bagaimana jika kita tidak suka minum susu ?. Tenang ada beberapa jenis makanan yang banyak mengandung kalsium  yang bisa menggantikan susu.

Berikut beberapa makanan pengganti susu yang banyak mengandung kalsium :

Brokoli
Tahukah kita bahwa brokoli ternyata mengandung kalsium yang cukup banyak sekitar 86 mg dalam dua cangkir brokoli.

Bukan hanya itu saja, dalam sayuran brokoli juga banyak mengandung vitamin C yang jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk.

Ada banyak sekali kelebihan jika kita banyak mengkonsumsi brokoli, salah satunya adalah berdasarkan hasil studi menyatakan bahwa banyak makan brokoli bisa mencegah kita dari berbagai macam jenis kanker termasuk kanker usus besar dan kanker kandung kemih.

Baca Juga  Bahaya Sering Menggerakkan Leher Secara Berlebihan

Baca Juga : Mengenal Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

 

Kale
Jenis makanan selanjutnya yang banyak mengandung kalsium adalah kale. Dalam satu cangkir kale mengandung 101 mg kalsium. Jenis makanan yang tergolong superfood ini ternyata juga banyak mengandung aneka vitamin seperti A, C dan K yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin K dalam kale bermanfaat dalam proses pembekuan darah.

 

Edamame
Jenis makanan ini ternyata terdapat banyak manfaat bagi tubuh kita karena mengandung 98 mg kalsium dan mengandung sembilan jenis asam amino esensial yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita.

 

Bok Choy
Selanjutnya adalah bok choy. Jenis makanan ini mengandung kalsium sebanyak 74 mg dalam satu cangkirnya. Selain itu bok coy juga hanya mengandung sedikit kalori dan berbagai vitamin seperti A, C dan kalium.

 

Jeruk
Buah yang satu ini sudah dikenal akan kandungan kalsiumnya sebesar 74 mg dalam satu buahnya. Bukan hanya itu saja, buah berwarna kuning ini juga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Baca Juga  Dengan Berdisiplin Waktu Maka Bisa Mengatasi Gangguan Tidur

 

Sarden
Jenis makanan ikan olahan ini ternyata banyak mengandung kalsium sebanyak 351 mg dalam 3,75 ons nya. Selain itu sarden juga banyak mengandung vitamin B12 yang menjadi nutrisi bagi otak dan sangat berguna bagi sistem saraf kita. selain itu sarden juga kaya akan kandungan vitamin D yang berhubungan erat dengan kesehatan tulang.

 

Okra
Jenis makanan selanjutnya yang kaya kandungan kalsium adalah okra. Ada sekitar 82 mg kalsium dalam satu cangkirnya. Selain itu okra juga banyak mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Bukan hanya itu saja, okra juga mengandung vitamin B6 dan folat.

 

Tahu
Jenis makanan yang sudah sangat akrab dengan lidah orang Indonesia ini ternyata banyak mengandung kalsium sebanyak 434 mg dalam setengah cangkirnya. Tahu termasuk jenis makanan yang banyak mengandung protein nabati.

Baca Juga  Jika Ingin Memiliki Tubuh Yang Lebih Langsing, Anda Harus Menghentikan Lima Kebiasaan Ini

 

Almond
Jenis makanan terakhir yang bisa menggantikan susu sebagai sumber kalsium adalah almond. Dalam setipa ons nya almond mengandung protein 75 mg. Selain itu almond juga mengandung berbagai vitamin seperti E, kalium dan lemak naik yang sangat bagus bagi kesehatan jantung dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita.

Artikel Terkait : Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *