Jenis Makanan Apa Saja Yang Bisa Meningkatkan Produktivitas ?

header niko 728 x 90

biji bunga matahari

InspirasiBersama.com – Apakah anda saat ini berusaha meningkatkan produktivitas dengan mencari jenis makanan yang bisa membantu ?. Memiliki produktivitas yang tinggi akan sangat positif sekali bagi sebuah karir seseorang. Dengan memiliki kemampuan kognitif, mengingat, kreatif dan berbahasa yang baik, maka kita bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lancar dan membuahkan hasil yang memuaskan.

Kabar baiknya adalah ada beberapa jenis makanan alami yang berdampak positif bagi kesehatan otak kita. Dengan otak yang sehat, maka akan bisa menjalankan fungsi kognitif dengan sangat baik. Kerusakan pada kognitif seseorang bisa disebabkan karena faktor stres oksidatif. Artinya adalah ada banyak radikal bebas dalam tubuh kita.

Banyak orang yang tidak tahu kalau radikal bebas dalam tubuh kita ternyata bisa membuat peradangan pada otak. Untuk mengantisipasi hal ini, maka konsumsi jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi akan sangat membantu mencegah peradangan pada otak yang membuat kognitif dan produktivitas kita menjadi menurun.

 

Berikut jenis makanan sehat yang bisa meningkatkan produktivitas kita :

 

Biji bunga matahari

Tahukah kita bahwa, biji bunga matahari merupakan jenis makanan yang banyak mengandung vitamin E yang sangat bagus bagi tubuh kita. Bahkan dalam sebuah studi menyebutkan bahwa dengan asupan vitamin E yang cukup dalam tubuh, maka bisa mencegah terhadap penurunan kemampuan kognitif otak. Untuk itu jika anda ingin ngemil yang sehat, maka biji bunga matahari bisa menjadi alternatif yang menyehatkan.

Baca Juga  4 Tips Untuk Menidurkan Si Kecil Dengan Cepat

Selain banyak mengandung vitamin E, ternyata biji bunga matahari juga banyak mengandung kolin yang sangat bagus untuk meningkatkan daya ingat otak. Dengan memiliki daya ingat yang tinggi, maka akan meningkatkan produktivitas kita. Selain biji bunga matahari, ada jenis makanan lain yang juga banyak mengandung vitamin E diantaranya sayuran berdaun hijau, kacang almond, alpukat dan minyak sayur.
Buah berry
Jenis makanan sehat kedua yang kaya akan kandungan antioksidan tinggi adalah buah berry. Ada banyak jenis buah berry yang meliputi blueberry, balckberry dan strowberi. Sring mengkonsumsi buah berry terbukti mampu meningkatkan kemampuan memori dan bagi anak sangat bagus meningkatkan kemampuan belajar.

Selain itu berdasarkan sebuah hasil studi juga menyebutkan bahwa rutin konsumsi buah berry mampu menghindarkan kita terhadap penyakit gangguan otak seperti alzheimer dan demensia.
Tuna
Dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, maka konsumsi ikan tuna akan sangat bagi perkembangan otak kita. Bukan hanya itu saja, ternyata konsumsi ikan tuna juga bisa menunda proses penuaan dini pada otak yang disebabkan karena faktor usia.

Baca Juga  Punya Badan Gemuk Bisakah Tetap Sehat ?

Bagi seorang wanita yang sedang hamil dan menyusui, maka konsumsi ikan tuna sangat bagus bagi perkembangan dan pertumbuhan otak anak sehingga mampu meningkatkan kemampuan IQ anak. Hal ini sesuai dengan pernyataan FDA dan EPA yang berasal dari Amerika.

Berdasarkan sebuah hasil penelitian juga membuktikan bahwa, seorang ibu yang sedang hamil dan mengkonsumsi 2-3 ikan tuna setiap minggu, maka terbukti mampu melahirkan anak dengan IQ lebih tinggi yaitu 2,6 poin dibandingkan dengan ibu yang tidak mengkonsumsi ikan tuna.
Jus anggur Concord
Jenis makanan selanjutnya yang bisa meningkatkan produktivitas kita adalah jus anggur concord. Hal ini sudah terbukti berdasarkan sebuah hasil penelitian yang telah dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition. Dengan rajin konsumsi jus anggur concord maka bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan mengingat seseorang.
Bayam
Tahukah kita bahwa bayam banyak mengandung lutein antioksidan yang tinggi yang erat kaitannya dengan kemampuan otak dalam berbahasa, memori dan belajar. Penelitian ini dilakukan oleh seorang peneliti yang berasal dari Tuft University.

Baca Juga : 5 Fakta Tentang Antioksidan Yang Sangat Bermanfaat

Dalam sebuah hasil studi lain yang dilakukan oleh para ilmuwan yang berasal dari Harvard Medical School menemukan bahwa seorang wanita yang sering konsumsi sayuran hijau seperti bayam, selada, brokoli dan kembang kol terbukti mampu memperlambat penurunan kognitif otak.
Bit
Kandungan nitrat yang tinggi pada bit, menurut para ilmuwan yang berasal dari Iniversitas Wake Forest menyatakan bahwa akan mempu meningkatkan suplai aliran darah ke otak sehingga sangat bagus bagi kesehatan mental seseorang. Disamping itu sering konsumsi jus bit juga terbukti mampu mencegah kita terhadap dimensia.
Telur

Baca Juga  Selain Jeruk, Buah dan Sayur Apa Lagi Yang Kaya Akan Vitamin C

Telur merupakan jenis makanan yang bisa meningkatkan kemampuan memori kita. Bagian telur yang banyak mengandung kolin adalah bagian kuning. Kolin merupakan sumber yang membentuk acetylcholin yang menjadi neurotransmitter yang membantu fungsi otak untuk memori jangka pendek.

Kabar gembira bahwa konsumsi 1 kuning telur perhari dinilai aman meskipun mengandung kolesterol. Hal ini sesuai dengan pernyataan Dietary Guidelines for Americans (DGA) pada tahun 2015.

Artikel Terkait : Bagaimana Caranya Agar Ingatan Tetap Tajam ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *