Jawaban yang Membuat Kita Gagal diterima Saat Wawancara Kerja

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat kita melamar sebuah pekerjaan, pastinya akan melewati yang namanya wawancara kerja. Ini adalah hal yang sangat menentukan apakah kita akan diterima bekerja atau tidak ?

Sebenarnya wawancara kerja ada tipsnya. Sebaiknya kita jeli dalam menjawab beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan saat wawancara kerja.

sumber gambar : kapanlagi.com

Berikut beberapa jawaban yang membuat kita tidak diterima saat wawancara kerja dikutip dari BusinessTech :

1. “Saya sangat menginginkan pekerjaan ini”

Jawaban yang sering kali kita ucapkan saat wawancara kerja adalah ‘saya sangat menginginkan pekerjaan ini’. Mungkin niat kita adalah ingin menunjukkan kalau kita benar-benar suka dengan pekerjaan ini dan serius.

Ternyata justru dengan jawaban tersebut kita terkesan putus asa. Yang sebaiknya kita lakukan adalah tidak menunjukkan keputusasaan namun rasa percaya diri dan kompeten dalam pekerjaan ini. Sebaiknya anda memberikan jawaban ‘saya sangat senang dengan wawancara ini dan saya berharap ada diskusi lanjutan tentang posisi ini’.

Baca Juga  Lokasi Gramedia di Sidoarjo

2. “Apakah posisi ini memberikan tunjangan?”

Yang sering kali ditanyakan oleh para pelamar kerja adalah tentang tunjangan yang akan diberikan oleh perusahaan. Padahal sebaiknya jangan menanyakan hal itu. Yang harus kita tanyakan adalah bagaimana agar saya bisa membantu dalam mencapai target perusahaan ?

3. “Mmmm…”

Sering kali yang kita alami saat wawancara kerja adalah blank atau bingung harus menjawab apa. Kondisi ini memberikan kesan kalau kita tidak mempunyai hal lain yang ada dalam pikiran kita. Jadi jangan suka bilang “Mmmm’

Untuk mensiasati saat pikiran kita blank saat menjawab pertanyaan. Sebaiknya anda memberikan pernyataan ‘ ini adalah pertanyaan yang bagus, akan saya coba pikirkan sebentar’. Dengan begitu anda akan terkesan lebih tenang dan tidak  gugup.

Baca Juga  Tips Menggunakan Lipstik Agar Warnanya Bertahan Lama

 

4. “Pekerja keras, cepat belajar, motivasi tinggi”.

Jawaban seperti itu sudah menjadi jawaban yang pasaran menurut para pakar. Hal ini tidak membuat kita menjadi calon karyawan yang spesial dan layak bagi perusahaan.

5. “Seberapa besar kesempatan saya untuk diterima?”

Jangan biasakan untuk menanyakan hal ini. Jika anda tanyakan maka menurut para pakar akan membuat kesempatan kita nol. Yang harus kita katakan adalah tentang perusahaan dan pekerjaan yang sangat menyenangkan dan mungkin anda bisa menjadi tambahan untuk tim agar lebih bagus.

6. “Saya tidak memiliki pertanyaan apapun tentang perusahaan ini.”

Saat kita ditanya tentang apakah kita mempunyai pertanyaan tentang perusahaan ini ? Maka sebaiknya anda mengajukan pertanyaan. Dengan begitu akan terkesan kalau kita ada ketertarikan terhadap perusahaan ini.

Baca Juga  Penyebab Kaburnya 4 Tahanan Sel BNNP Bali

7. “Kapan saya bisa mulai bekerja?”

Ucapan terakhir yang membuat kita tidak diterima wawancara kerja adalah ‘ kapan saya bisa mulai bekerja’. Sebaiknya jangan mengucapkan pernyataan ini. Ucapan ini akan terkesan lancang, arogan dan kurang profesional. Sebaiknya yang harus kita ucapkan adalah rasa terima kasih banyak atas waktunya dan anda berharap ada kabar baik pada saya tentang pekerjaan ini.

Sumber : kompas.com

Artikel Terkait : Cara Menjadi Pengusaha Dengan Modal Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *