Jangan Suka Telat Makan ! Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Setiap diantara kita pasti pernah melewatkan waktu makan dengan berbagai alasan. Biasanya hal ini kita lakukan karena waktu yang mepet mau berangkat kerja, berangkat sekolah atau bisa karena memang lagi kurang nafsu makan. Apapun alasan kita melewatkan waktu makan, ada dampak buruk bagi kesehatan.

sumber gambar : http://necturajuice.com

Berikut beberapa masalah kesehatan yang akan terjadi jika kita sering melewatkan waktu makan :

 

Diabetes
Dampak buruk pertama suka telat makan adalah bisa meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Ternyata saat tubuh kita sering telat makan, maka yang terjadi adalah sel hati akan terganggu sehingga membuat tak bereaksi dengan insulin. Padahal insulin ini sangat vital perannya dalam menetralkan kadar gula dalam darah kita.

Baca Juga  Menjaga Kesehatan Kulit Dari Bahaya Klorin

Bau mulut
Dampak yang kedua adalah sering menyebabkan bau mulut. Hal ini bisa terjadi karena saat mulut kita kosong dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuat produksi air liur akan menurun. Kondisi akan memicu munculnya bakteri pada mulut yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut.

 

Sakit kepala
Bagi anda yang sering kali sakit kepala kepala, maka bisa jadi disebabkan karena hal sepele seperti telat makan. Saat kita telat makan, maka akan membuat kadar gula dalam darah kita menjadi turun dan membuat pembuluh darah menjadi lebih kecil atau sempit. Kondisi ini akan membuat aliran darah menjadi kurang lancar sehingga sering membuat sakit kepala.

Baca Juga  Mengenali Tanda-Tanda Stres Yang Sudah Tinggi

Tekanan darah yang tidak stabil
Saat kita sering telat makan, maka akan membuat tekanan darah dalam tubuh akan turun. Kondisi ini tentu tak normal yang membuat suplai darah menjadi kurang lancar ke berbagai organ tubuh.

Stress
Ternyata orang yang suka telat makan meningkatkan resiko stres lebih tinggi. Saat kita kekurangan energi karena telat makan, maka akan membuat suasana hati menjadi kurang baik sehingga memicu stres.

Baca Juga  Mengapa Saat Sakit Gigi Sering Menyebabkan Kepala Juga Ikut Sakit ?

Menurunkan sistem metabollisme
Dampak kesehatan terakhir jika kita sering melewatkan waktu makan adalah akan mengganggu sistem metabolisme tubuh. Jangan beranggapan bahwa dengan telat makan akan membuat berat badan menjadi turun, justru hal ini akan memicu kita makan lebih banyak yang meningkatkan resiko kenaikan berat badan.

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Memicu Bau Mulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *