Jangan Suka Melarang Anak Bermain, Berikut Alasannya

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang tua setuju kalau anak mempunyai hak untuk bermain. Ini menjadi sebuah hak asasi yang harus terpenuhi bagi seorang anak. Bermain bagi anak mempunyai peran yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak. Oleh karena itu jangan suka melarang anak untuk bermain.

Dengan bermain, maka seorang anak akan banyak melakukan sosialisasi dan interaksi dengan orang lain yaitu teman. Kondisi ini sangat penting bagi seorang anak. Namun sayang banyak kalangan orang tua yang mengabaikan pentingnya hal ini.

sumber gambar : kompasiana.com

Sering kali kita melihat disekitar kita orang tua yang melarang anak atau bahkan memarahi anak karena bermain. Menurut para ahli hal ini sama dengan kita melanggar hak asasi seorang anak yang butuh bermain.

Baca Juga  Sering Melakukan Oral Seks Akan Meningkatkan Resiko Kanker

Mau tau bukti kalau kebanyakan orang tua mengabaikan pentingnya bermain bagi anak ?. Misalnya saja orang tua yang harus bekerja dan meninggalkan anaknya dirumah, maka saat pertama berjumpa pasti kebanyakan orang tua hanya menanyakan pada anak tentang ‘sudah makan apa belum’ atau ‘bagaimana tadi sekolahnya’? dan sangat jarang sekali yang menanyakan ‘sudah main apa belum nak ?’

Baca Juga  Penyebab Kebanyakan Anak Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

Padahal kegiatan bermain bagi seorang anak sangat bagus untuk perkembangan psikologis. Anak yang cukup bermain akan mempunyai kesehatan psikologis yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang jarang bermain. Yang perlu di garis bawahi oleh para orang tua adalah seorang anak tidak hanya membutuhkan pendidikan di sekolah saja, namun bermain sangatlah penting untuk menunjang perkembangan dan psikolgisnya.

Baca Juga  Ternyata Kegemukan Bisa Disebabkan Karena Sering Nyetir Lama

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Pentingnya Orang Tua Menemani Anak Saat Bermain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *