Jangan Sepelekan Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh Karena Bisa Menjadi Penyakit Paru Kronik

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang menyepelekan saat sakit batuk. Bahkan meskipun batuk berlangsung cukup lama mereka tenang saja. Padahal batuk yang tak kunjung sembuh bisa menjadi sebuah Penyakit Paru Obstruktif Krinik (PPOK) yang bisa membuat aliran udara menjadi terhambat saat bernapas.

 

Hal ini juga dibenarkan oleh salah seorang dokter spesialis paru yang bernama dr. Jamal Zaini, SpP(K) yang mengatakan bahwa batuk yang tak kunjung sembuh sampai tiga minggu bisa menjadi gejala PPOK.

bahaya-batuk-lama

sumber gambar : http://batukkering.com/

Bukan hanya itu saja, gejala PPOK juga bisa berupa batuk yang disertai dengan lendir atau kering yang berlangsung selama beberapa minggu. Kondisi ini kerap disertai dengan rasa sesak yang bersifat kronik. Kondisi ini kerap terlihat saat berusaha melakukan aktivitas yang agak berat misalnya berjalan jauh, maka akan terasa sesak napas.

Baca Juga  Manfaat Sering Membacakan Dongeng Kepada Anak Bisa Memberikan Pelajaran Yang Baik

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Dahak Dengan Tepat

 

Namun faktor resiko terbesar seseorang yang mengalami PPOK adalah mereka yang merokok. Meskipun berbahaya banyak orang yang mengabaikan tentang gejala ini dan baru melakukan pemeriksaan saat terjadi kerusakan yang lebih berat.

 

Saat seseorang suka merokok, maka membuat banyak zat karsinogenik yang terdapat pada kandungan tar akan masuk pada saluran pernapasan dan paru-paru. Kondisi ini secara perlahan akan merusak struktur jaringan dalam paru dan tidak bisa disembuhkan seperti semula. Kondisi ini akan menyebabkan paru-paru menjadi rusak.

Baca Juga  Penyebab Wanita Lebih Mudah Terkena Diabetes Dibandingkan Pria

 

Untuk mencegah kerusakan paru yang lebih parah, maka pasien harus menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari paparan polusi udara. Apabila pasien tetap nekad merokok, maka pasien akan beresiko besar mengalami kanker paru.

 

Jadi untuk mencegah resiko Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) maka mulai sekarang berhenti merokok ya. Merokok tidak memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Ada resiko besar bagi kesehatan paru, kanker dan impotensi yang sangat mungkin terjadi.

Baca Juga  Dampak Buruk Suka Minum Kopi Instan Bagi Kesehatan

Artikel Terkait : Merokok Bisa Membuat DNA Kita Rusak Permanen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *