Jangan Sembarangan Menggunakan Obat Kulit, Tak Semua Bercak Putih Adalah Panu

header niko 728 x 90

cara mengenali panu

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang panu, maka tidak lepas dengan obat panu. Kebanyakan dari kita mengira kalau ada bercak berwarna putih yang muncul pada kulit adalah panu. Padahal menurut para ahli bercak putih pada kulit tak semuanya panu. Untuk itu dihimbau bagi masyarakat untuk tidak sembarangan menggunakan obat panu.

Dengan minimnya pengetahuan masyarakat tentang tanda-tanda penyakit panu, maka membuat banyak orang membuat kesalahan dengan terburu-buru membeli obat anti panu di apotek saat melihat ada bercak putih pada kulit. Hasilnya tak jarang kita mendengar ada orang yang mengalami iritasi kulit bahkan sampai infeksi setelah menggunakan obat panu. Hal ini dikarenakan obat panu mempunyai efek mengiritasi kulit.

Baca Juga  Kasur Yang Mahal Bukan Jaminan Bisa Tidur Dengan Nyenyak

Selain faktor penggunaan obat anti panu yang salah sasaran, menurut seorang dokter spesialis kulit dan kelamin yang bernama dr Eddy Karta mengatakan saat ini ada banyak sekali obat yang terjual bebas yang berfungsi untuk mengatasi penyakit kulit terutama panu. Obat-obatan tersebut mempunyai kandungan yang bermacam-macam serta tidak disertai dengan aturan dosis yang aman bagi pengguna. Fenomena inilah yang membuat banyak kasus penyakit kulit yang disebabkan oleh penggunaan obat secara bebas.

Menurut dr Eddy saat kita salah menganalisa bercak putih pada kulit kita, kemudian kita mengoleskan obat panu maka akan membuat masalah yang lebih serius yaitu kulit menjadi iritasi. Untuk itu masyarakat harus pandai dalam gejala bercak putih yang muncul pada kulit.

Baca Juga  Bisakah Depresi Menurun Kepada Anak Perempuan ?

Bercak putih yang muncul pada kulit bisa berupa panu atau penyakit kusta. Kalau itu panu maka pada tahap awal akan menimbulkan rasa gatal dan agak kemerahan. Sebaliknya kalau bercak putih tidak menimbulkan rasa gatal dan gejala lain maka bisa saja itu menjadi tanda kusta.

Mengingat bercak putih tidak semuanya tanda penyakit panu, maka para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak terburu-buru menggunakan obat panu untuk mengatasinya. Anda disarankan untuk memeriksakan terlebih dahulu ke dokter terdekat atau Puskesmas untuk memastikan bercak putih adalah panu. Dengan bantuan dari Dokter maka kita dapat mengatasi masalah bercak putih pada kulit dengan tepat dan cepat.
Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Kanker Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *