Jangan Minum Teh Terlalu Banyak Saat Sahur

header niko 728 x 90

minum teh saat sahur

InspirasiBersama.com – Dalam menjalankan puasa Ramadhan seperti sekarang ini kita dituntut untuk memperhatikan menu makanan dan minuman baik yang kita santap saat berbuka maupun sahur. Hal ini sangat penting agar kesehatan kita dalam menjalani puasa tetap terjaga sehingga mampu menjalankan puasa dengan nyaman tanpa gangguan kesehatan. Salah satu tips sehat dalam sahur adalah jangan minum teh terlalu banyak, mengapa demikian ?

Mungkin kebanyakan orang selama ini memilih teh sebagai minuman saat sahur adalah agar memberikan kekuatan kepada tubuh kita untuk menjalankan puasa. Anggapan yang semacam ini membuat banyak masyarakat kita yang memilih teh sebagai menu minuman saat sahur.

Baca Juga  Apa Penyebab Badan Terasa Cepat Lelah ?

Tahukah kita bahwa saat kita mengkonsumsi teh saat sahur, maka memang tubuh kita sesaat akan merasakan bertenaga karena kandungan glukosa yang tinggi pada teh. Namun perhatikan, kekuatan itu akan bertahan hanya sekitar 30 menit saja. Selanjutnya kita akan merasakan tubuh yang lemah.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini disebabkan karena teh bersifat dieuretik atau mempercepat proses pengeluaran urin. Oleh karena itu mereka yang suka minum teh saat sahur akan mengeluhkan lebih sering kencing dibandingkan saat kita minum air putih. Dengan lebih seringnya kita buang air kecil, maka secara otomatis banyak cairan yang akan dikeluarkan oleh tubuh kita bersama urine yang membuat tubuh kita semakin dehidrasi.

Baca Juga  Jika Anda Sakit Asma Maka Harus Menghindari 7 Kebiasaan Ini

Apakah artinya kita dilarang untuk minum teh saat sahur ? Boleh saja kita mengkonsumsi teh saat sahur, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlahnya. Sangat disarankan untuk tidak terlalu banyak minum teh saat sahur. Hal ini untuk menghindari tubuh mengalami dehidrasi lebih cepat.

Yang disarankan bagi para pakar adalah lebih banyak konsumsi air putih saat sahur. Hal ini dimaksudkan agar tubuh kita mempunyai cadangan cairan yang cukup saat kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Demikian informasi ini semoga bermanfaat.

Baca Juga  Melakukan Kegiatan Yang Menyenangkan Bisa Mencegah Penurunan Daya Ingat

Artikel Terkait : Pentingnya Minum Air Putih Sebelum Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *