Jangan Minum Obat Pereda Nyeri Saat Hamil

header niko 728 x 90

bahaya obat pereda nyeri bagi ibu hamil

InspirasiBersama.com – Tidak dipungkiri bahwa berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan di Inggris yang melibatkan 7.800 ibu hamil menyebutkan bahwa ada sekitar separuh ibu hamil telah mengkonsumsi obat pereda nyeri berupa acetaminophen selama hamil. Padahal para ahli sangat menyarankan untuk tidak mengkonsumsi obat pereda nyeri secara sembarangan saat hamil.

Dari hasil studi tersebut juga didapatkan data bahwa mereka atau ibu yang mengkonsumsi obat pereda nyeri saat hamil terbukti memiliki anak yang mengalami gangguan perilaku pada usia 7 tahun. Gangguan perilaku tersebut berupa anak menjadi sangat hiperaktif dan adanya gangguan pada emosional. Resiko itu lebih tinggi terjadi pada anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki.

Baca Juga  Benarkah Selingkuh Dipengaruhi Oleh Genetik ?

Menyikapi hasil studi itu para peneliti mengatakan bahwa bukan berarti seorang ibu yang sedang hamil tidak boleh sama sekali mengkonsumsi obat pereda nyeri semisal acetaminophen saat dirinya mengalami nyeri.

Namun jika ternyata rasa nyeri yang terjadi selama hamil bisa diatasi dengan cara lain yang lebih aman, maka sangat disarankan bagi ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi obat pereda nyeri secara sembarangan. Jika terpaksa ingin mengkonsumsi obat pereda nyeri, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi efek samping obat bagi kehamilan.

Baca Juga : Dampak Minum Alkohol Bagi Wanita Hamil

Hal ini disebabkan bahwa kebanyakan jenis obat pereda nyeri tergolong tidak aman bagi seorang ibu hamil. Lebih baik seorang ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang dokter.

Baca Juga  Bagaimana Cara Agar Perut Tidak Kembung ?

Hasil studi tersebut juga tidak mengindikasikan bahwa jika seorang ibu hamil mengkonsumsi obat pereda nyeri semisal acetaminophen atau paracetamol bisa menyebabkan gangguan perkembangan pada anak.

Gangguan perilaku yang sering terjadi pada anak bukan hanya disebabkan karena konsumsi obat pereda nyeri saja selama hamil. Gangguan perilaku yang muncul pada usia 7 tahun bisa disebabkan kerena banyak faktor. Hal ini disebabkan karena sejak bayi lahir sampai usia 15 bulan banyak sekali perkembangan yang terjadi.

Baca Juga  Perbedaan Antara Gejala Serangan Jantung Dengan GERD

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama hamil dan melahirkan, maka seorang ibu hamil sebelum mengkonsumsi obat pereda nyeri amat sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini disebabkan untuk menghindari gangguan perkembangan pada anak.

Artikel Terkait : Benarkah Wanita Hamil Sebenarnya Tidak Memerlukan Multivitamin ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *