Jangan Lagi Gunakan Iodine Untuk Mengobati Luka !

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Iodine adalah salah satu jenis obat yang sangat melekat di pikiran kebanyakan masyarakat Indonesia untuk membantu menyembuhkan luka. Pada saat kulit terkena goresan atau terjatuh, maka secara spontan mereka mencari iodine. Ternyata hal ini salah kaprah dan sebaiknya tak lagi menggunakan iodine untuk mengobati luka.

sumber gambar : http://rumahherbalbali.com

Ternyata menurut para pakar kesehatan, menggunakan iodine yang sejatine berfungsi sebagai antiseptik untuk membersihkan atau mengobati luka justru akan memuat proses penyembuhan berjalan lebih lambat. Hal ini diungkapkan dalam sebuah akun Twitter yang berasal dari blog kesehatan ternama @blogdokter.

Baca Juga  Penyebab Bibir Wanita Terlihat Lebih Hitam

Lantas bagaimana sebenarnya cara menangani saat kita terjadi luka ?. Ternyata pada saat terjadi luka, maka yang harus kita lakukan adalah membersihkannya dengan air yang bersih dan mengalir. Setelah itu kita bisa menggunakan kassa steril atau bersih untuk mengeringkannya. Selanjutnya kita bisa menggunakan gel bioplacenton untuk jenis luka yang lecet. Jangan suka menggunakan alkohol untuk membersihkan luka karena justru akan menimbulkan rasa perih dan juga bisa membuat jaringan pada luka menjadi rusak.

Baca Juga  Pria dan Wanita Memiliki Perbedaan Dalam Menyimpan Lemak

Yang perlu diketahui bahwa, mengobati luka pada intinya adalah memberikan kesempatan pada jaringan kulit untuk bisa melakukan perbaikan secara mandiri. Hal lain yang tak kalah penting adalah mencegah munculnya infeksi pada area luka.

Jadi mulai sekarang anda sudah tahu bukan bagaimana cara menangani luka tanpa harus menggunakan iodine. Prinsip dasar dalam membersihkan luka adalah bersih agar tak muncul infeksi, seperti mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun atau menggunakan sarung tangan yang steril.

Baca Juga  Hubungan Sering Makan Asam Dengan Gigi Keropos

Artikel Terkait : Ternyata Putih Telur Bisa Bermanfaat Untuk Menyembuhkan Luka Bakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *