Jangan Biasakan Gunakan Gawai Untuk Menenangkan Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Hidup di era modern seperti sekarang ini memang sulit untuk terhindar dari gadget. Bahkan saat ini kalangan anak-anak sudah banyak yang mahir dalam menggunakan gadget. Meskipun demikian, bukan berarti orang tua membiarkan begitu saja anak bermain gadget sampai lupa waktu.

Dengan berbagai kesibukan yang banyak dilakukan orang tua, maka banyak para orang tua yang sengaja memberikan gadget pada anak dengan harapan agar anak bisa tenang dan tidak rewel. Memang hal ini bisa menjadi senjata yang ampuh mendiamkan anak yang sedang rewel.

sumber gambar : Tribunnews.com

Menyikapi hal yang demikian, para pakar sangat menyarankan kepada kalangan orang tua untuk tidak membiasakan anaknya bermain gadget dengan harapan agar anaknya tenang di rumah. Banyak kalangan orang tua yang memanfaatkan gadget sebagai ‘baby sitter’.

Baca Juga  Apa Dampaknya Jika Sering Mengalami Gula Darah Tinggi

Baca Juga : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak

Dengan tampilan gambar, suara dan permainan yang terdapat pada gadget seperti sekarang ini memang menjadi daya tarik seorang anak. Bahkan hal ini menjadi senjata yang sangat ampuh untuk mendiamkan  anak yang sedang rewel. Seorang anak yang memegang gawai, bisa membuatnya tenang dan asyik selama beberapa jam.

Tahukah anda bahwa sering memberikan anak gawai dengan harapan agar anak bisa tenang akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan spikologis anak. Menurut psikolog anak hal ini akan membuat ikatan antara orang tua dan  anak menjadi menurun.

Baca Juga  Cara Meredakan Batuk Dengan Obat Tradisional

Ketika anak di rumah, maka yang ditunggu adalah ayah dan ibunya pulang kerja. Namun yang dinanti oleh anak adalah gadgetnya bukan kehadiran kita di tengah-tengah anak.

Kondisi ini akan berdampak lebih buruk jika ternyata orang tua sudah membiasakan anak bermain gadget sebelum usia 2 tahun. Bahkan menurut para pakar hal ini bisa menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak.

Jika orang tua suka membiasakan memberikan gadget pada anak, maka yang terjadi anak akan merasa ketagihan dan sulit untuk dikendalikan. Jika hal ini terjadi, maka akan membuat kehidupan sosial anak akan terganggu karena terlalu sering bermain gadget dan jarang melakukan sosialisasi di kehidupan nyata.

Baca Juga  Apakah Benar Selaput Darah Menjadi Patokan Keperawanan Seorang Wanita ?

Yang disarankan adalah tetap batasi anak dalam menggunakan gawai. Terapkan jam disiplin anak bermain gadget secara bijak dan jangan berlebihan. Selain itu penting juga untuk mendampingi anak dalam menggunakan gadget.

Artikel Terkait : Cara Menjauhkan Anak Dari Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *