Jangan Biarkan Anak Kita Konsumsi Saus Berlebihan ! Ini Alasannya

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang jenis makanan yang disukai anak-anak, maka tak jauh dari yang namanya saus. Misalnya saja saat anak makan kentang goreng, ayam goreng, steak atau beberapa fast food lainnya. Memang dengan menambahkan saus pada makanan tersebut akan terasa lebih nikmat dan membuat anak lebih lahap, namun para pakar kesehatan mengingatkan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan karena bisa berbahaya bagi kesehatan anak.

sumber gambar : http://pradianto.info

Yuk simak alasan mengapa konsumsi saus harus dibatasi bagi anak :

Baca Juga  Bolehkah Obat Batuk Untuk Orang Dewasa diberikan Kepada Anak ?

Meningkatkan kadar gula darah
Alasan pertama mengapa anak tak boleh makan saus secara berlebihan karena bisa memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Tahukah kita bahwa ada sekitar 25 persen kandungan gula dalam sebotol saus meskipun mempunyai rasa yang pedas. Hal inilah yang tak banyak disaradari. Bila terjadi peningkatan kadar gula dalam darah secara berlebihan, maka akan memicu diabetes yang menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak.

Banyak Mengandung sodium
Alasan kedua mengapa saus tak baik jika dikonsumsi secara berlebihan oleh anak-anak karena banyak mengandung sodium. Dalam bahasa sederhana sodium adalah garam. Bisa dibayangkan jika anak kita mengkonsumsi saus dalam jumlah banyak yang ternyata kaya kandungan sodium, tentu hal ini memicu peningkatan tekanan darah.

Baca Juga  Dibalik Rasanya Yang Asam, Jeruk Nipis Menyimpan Manfaat Bagi Kesehatan

Kandungan sirup fruktosa jagung yang juga tinggi
Alasan yang terakhir adalah karena saus juga kaya akan kandungan sirup fruktosa jagung atau pemanis buatan. Bila zat ini masuk dalam tubuh kita dalam jumlah yang berlebihan, maka akan memicu obesitas dan juga diabetes.

Artikel Terkait : 4 Bahan Berbahaya Yang Sering Terdapat Pada Makanan Instan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *