Jangan Anggap Olahraga Berlebihan Itu Menyehatkan Badan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Terkadang kita melihat ada beberapa orang saking inginnya menurunkan berat badan, maka melakukan olahraga secara berlebihan. Mereka berangapan bahwa dengan melakukan olahraga dengan keras, maka akan ada banyak kalori yang terbakar. Hal ini memang benar, namun tubuh kita memerlukan waktu istirahat yang cukup.

Menyikapi hal yang demikian, menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa melakukan olahraga secara berlebihan atau terus-menerus tanpa memberikan waktu istirahat pada tubuh sangat membahayakan kesehatan. Ada banyak resiko kesehatan yang akan terjadi jika kita melakukan olahraga secara berlebihan, diantaranya :

bahaya olahraga secara berlebihan

1. Cadangan glikogen habis
Dampak kesehatan pertama yang akan terjadi jika kita melakukan olahraga secara berlebihan adalah habisnya cadangan glikogen dalam tubuh. Padahal glikogen ini tidak boleh habis dalam tubuh kita. Glikogen sangat berfungsi dalam memberikan energi pada tubuh. Jika jumlahnya habis akibat olahraga yang berlebihan, maka akan menyebabkan otot yang terasa lelah.

Baca Juga  Busana Yang Bisa Membuat Anda Cepat Punya Pacar

Baca Juga : Efek Buruk Jika Malas Berolahraga

2. Kortikosteroid naik
Dampak kedua jika kita melakukan olahraga secara berlebihan adalah meningkatnya kortikosteroid dalam tubuh kita. Kortikosteroid erat kaitannya dengan hormon stres. Jika hormon ini meningkat, maka akan membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi menurun sehingga akan membuat tubuh mudah sakit.

3. Kerja jantung berlebihan
Saat kita memaksa tubuh untuk melakukan olahraga dengan keras, maka akan memaksa jantung untuk berdetak lebih kencang dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini tentu tidak baik bagi kesehatan jantung. Jantung kita juga mempunyai ambang batas dan waktu istirahat yang cukup.

Baca Juga  Suka Main Video Game Berbau Kekerasan Memicu Perilaku Agresif

4. Kinerja memburuk
Jika anda melakukan olahraga dengan keras dengan maksud membuat pembentukan otot yang lebih kuat, maka hal itu justru membuat kekuatan otot kita menurun. Hal ini disebabkan karena otot tidak diberi waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan diri sehingga membuatnya kelelahan.

5. Kehilangan massa otot
Bukan hanya kelemahan otot saja yang akan terjadi jika kita melakukan olahraga secara berlebihan, tetapi massa otot juga mengalami penurunan yang membuat kita terlihat lebih kurus.

6. Merasa tak enak
Mungkin anda pernah merasakan kelelahan yang berlangsung lebih lama setelah melakukan olahraga dengan keras. Ya inilah yang akan terjadi jika kita melakuka olahraga secara berlebihan yang membuat otot kita mudah mengalami inflamasi dan pembengkakan.

Baca Juga  Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

7. Mengganggu pikiran
Saat kita melakukan olahraga secara berlebihan tanpa memberikan waktu istirahat yang cukup,  maka yang terjadi bukan hanya kelelahan secara fisik saja namun pikiran kita juga akan terganggu. Akibatnya kita akan mengalami perasaan yang tak nyaman yang memicu stres pikiran.

Artikel Terkait : Apa Tandanya Kalau Kita Berolahraga Secara Berlebihan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *