Inilah Yang Menyebabkan Banyak Orang Merasa Mual dan Pusing Saat Naik Kendaraan

header niko 728 x 90
mabuk-kendaraan

sumber gambar : www.kompasiana.com

InspirasiBersama.com – Meskipun sekarang ini jaman sudah jauh lebih modern, namun masih saja banyak orang yang merasa pusing dan mual saat naik kendaraan. Kondisi ini sering dialami oleh mereka yang menggunakan transportasi darat, laut maupun udara. Ternyata penyebab dari hal ini adalah karena motion sickness atau penyakit yang disebabkan karena gerakan yang cepat saat kita naik sebuah kendaraan.

Kondisi sering merasa pusing dan mual ini bisa terjadi pada siapa saja. Mulai dari seorang anak-anak sampai orang dewasa juga bisa mengalami hal ini. Kebanyakan diantara kita menyebut dengan ‘mabuk’ kendaraan.

Bagi seseorang yang mengalami jenis penyakit gerakan atau motion sickness ini bukan hanya disebabkan karena saat berkendara saja, namun hanya dengan melihat sesuatu gerakan yang cepat seperti saat melihat wahana seluncuran pada sebuah permainan maka bisa menyebabkan seseorang menderita pusing dan mual.

Baca Juga  Pengen Tahu Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan ?

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Pusing dan Vertigo

Penyakit jenis ini tergolong penyakit yang tidak berbahaya atau tidak menyebabkan resiko kematian. Namun bagi mereka yang sering mengalami hal ini saat bepergian, kondisi ini tentu sangat tidak nyaman yang bisa menyebabkan seseorang menjadi muntah.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Ternyata penyebabnya adalah ada pada gangguan pada input sensori yang diterima oleh otak. Pada orang yang mempunyai penyakit motion sickness, otak akan mengira kondisi tubuh saat itu adalah diam dan pada waktu yang sama melakukan gerakan yang cepat.

Baca Juga  Anjing Bisa Mendeteksi Penyakit Diabetes

Menurut para ahli, kondisi sering merasa pusing dan mual saat naik kendaraan juga bisa berhubungan dengan sistem pendengaran bagian. Kita tahu bahwa bagian telinga dalam merupakan bagian keseimbangan tubuh.

Apabila anda tergolong orang yang sering kali mengalami motion sickness atau merasa pusing dan mual saat naik kendaraan, maka sangat disarankan untuk mencari tempat duduk yang nyaman. Misalnya saja saat kita naik kendaraan darah usahakan duduk di depan atau dekat dengan jendela, kalau naik kapal usahakan duduk di bagian tengah agar goncangan tidak begitu terasa. Dengan memilih tempat yang nyaman maka bisa mengurangi resiko kita mengalami kepala pusing, mual atau bahkan muntah saat naik kendaraan.

Baca Juga  Lebih Sehat Mana Antara Susu Kacang dan Susu Sapi ?

Artikel Terkait : Apa Yang Menyebabkan Sering Pusing Saat Bangun Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *