Inilah Yang Akan Terjadi Saat Kita Mengkonsumsi Minuman Berenergi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyaknya jenis minuman berenergi yang beredar mungkin juga bisa bermanfaat saat kita benar-benar membutuhkan energi. Namun apa jadinya jika minum berenergi menjadi sebuah menu harian yang rutin dikonsumsi ?

 

Mengkonsumsi minuman berenergi sejatinya berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan menurut salah seorang peneliti yang berasal dari Inggris yang bernama Erwin johnson mengatakan bahwa ada banyak perubahan dalam tubuh semenjak kita mengkonsumsi minuman berenergi.

sumber gambar : http://meetdoctor.com/

Berikut gambaran perubahan dalam tubuh sesaat sampai beberapa hari setelah kita mengkonsumsi minuman berenergi :

 

10 menit pertama:

 

Sesaat selama 10 menit pertama sejak kita mengkonsumsi minuman berenergi, maka sudah muncul perubahan dalam tubuh kita. Kandungan kafein dalam minuman berenergi bisa menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

Baca Juga  Ini Alasan Minum Obat Tidak Boleh Bersamaan Minum Susu

 

Maka jangan heran jika setelah 10 menit mengkonsumsi minuman berenergi, maka tekanan darah anda meningkat drastis.

 

15-45 menit:

 

Setelah selama 15 sampai 45 menit setelah kita mengkonsumsi minuman berenergi, maka efeknya menyebabkan kita menjadi lebih waspada sehingga konsentrasipun menjadi meningkat.

 

30-50 menit:

 

Selama 30 sampai 50 menit, kandungan kafein dalam minuman berenergi akan mulai masuk ke liver dan terjadi sebuah reaksi untuk penyerapan gula lebih banyak.

 

1 jam:

 

Setelah selang satu jam, maka yang terjadi adalah adanya peningkatan kadar gula dalam tubuh kita. Pada saat itu pula kadar kafein dalam tubuh kita juga mulai turun sehingga menyebabkan tubuh kita terasa lelah.

Baca Juga : Konsumsi Kafein Secara Berlebihan Juga Bisa Merusak Kesehatan

 

Baca Juga  Pasangan Suami Istri Yang Punya Tubuh Gemuk, Lebih Rentan Tidak Punya Anak

5-6 jam:

 

Pada masa ini tubuh kita akan berusaha untuk terus mengurangi kadar kafein dalam darah bahkan sampai 50 persen banyaknya.

 

12 jam:

 

Setelah kurun waktu 12 jam, maka tubuh sudah berhasil mengeluarkan secara keseluruhan kandungan kafein dalam tubuh kita.

 

Antara 12 dan 24 jam:

 

Jika anda tergolong orang yang rutin mengkonsumsi minuman berenergi, maka efeknya akan sering merasakan sakit kepala, emosi menjadi meningkat dan bisa sampai pada munculnya sembelit.

 

7-12 hari:

 

Mengkonsumsi minuman berenergi memang tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius dalam sekali minum. Namun jika dilakukan secara rutin, maka efeknya akan membebani kerja jantung sehingga dampaknya akan mengganggu kesehatan jantung dan tekanan darah.

 

Bagi anda yang selama ini rutin mengkonsumsi minuman berenergi setiap hari dengan alasan pekerjaan yang berat, maka pertimbangkan untuk menghentikannya. Ada resiko kesehatan yang sangat besar yang harus dibayar mahal jika kita sudah sakit akibat rutin konsumsi minuman berenergi.

Baca Juga  Dampak Sering Mendengarkan Musik Sedih Saat Putus Cinta

 

Tidur merupakan hal yang sangat disarankan saat kita merasa lelah. Selain itu penting juga menjaga pola makan yang sehat dan bergizi tinggi untuk menunjang pekerjaan kita yang berat agar tubuh tetap kuat.

Artikel Terkait : Gangguan Liver Bisa disebabkan Karena Suka Mengkonsumsi Minuman Berenergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *