Inilah Yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Hormon Tiroid

header niko 728 x 90
gejala-hipotiroid

sumber gambar : www.amazine.co

InspirasiBersama.com – Hormon tiroid merupakan salah satu hormon yang sangat penting dalam tubuh kita. Seseorang yang mengalami kondisi kadar hormon tiroid yang rendah akan menyebabkan hipotiroid. Oleh karena itu mereka akan mengalami gangguan metabolisme tubuh yang berjalan rendah. Akibatnya tubuh menjadi mudah lemas karena kekurangan energi.

Adapun ciri seseorang yang mengalami hipotiroid adalah biasanya akan terasa badan yang lemas, mudah mengantuk yang berlangsung sepanjang hari dan bisanya sulit untuk bangun pada pagi hari.

Bukan hanya itu saja, seseorang yang mengalami jumlah hormon tiroid yang rendah akan sangat sensitif terhadap suhu yang dingin, selain itu juga menyebabkan peningkatan berat badan yang penyebabnya kurang jelas.

Meskipun demikian, orang yang mengalami gangguan hormon tiroid yaitu hipotiroid tidak selalu mengalami peningkatan berat badan. Bahkan jika terjadi peningkatan berat badan lebih tepatnya hanya meningkatnya kadar air dalam tubuh saja.

Baca Juga  Apakah Cantik Identik Dengan Harga Yang Mahal ?

Secara umum inilah yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan hormon tiroid :

1.Depresi

Hal pertama yang sering terjadi pada seseorang yang mengalami hipotiroid adalah resiko depresi. Hal ini disebabkan karena saat terjadi perlambatan metabolisme, maka secara otomatis kinerja otak juga menurun. Dengan begitu mereka akan sulit untuk konsentrasi yang bisa berujung pada depresi.

2. Masalah memori

Efek samping kedua seseorang yang mengalami penurunan jumlah hormon tiroid dalam tubuh adalah terganggunya fungsi memori otak. Meskipun demikian, kondisi penurunan kemampuan memori otak pada kasus hipotiroid tidak terjadi secara permanen.

3. Sembelit

Gangguan tubuh selanjutnya yang disebabkan karena kekurangan hormon tiroid adalah terjadinya sembelit. Hal ini disebabkan karena penurunan atau perlambatan dalam proses metabolisme.

Baca Juga  Ternyata Diet Bisa Mempengaruhi Seks dan Suasana Hati

4. Kulit kering

Ternyata seseorang yang mengalami kulit kering erat kaitannya dengan hipotiroid. Bahkan menurut para ahli mengatakan bahwa gangguan secara umum yang terjadi pada seseorang yang mengalami hipotiroid adalah kulit menjadi kering.

5. Rambut rontok

Pada kasus penurunan jumlah hormon tiroid yang lebih parah, bisa menyebabkan rambu menjadi rontok. Bahkan pada sebagian orang bisa menyebabkan suatu kebotakan.

Baca Juga : Solusi Lain Untuk Mengatasi Rambut Yang Rontok

6. Perubahan siklus menstruasi

Jika hipotiroid terjadi pada seorang wanita, maka efeknya bisa mengganggu siklus menstruasi. Kondisi ini akan membuat siklus menstruasi menjadi lebih lambat atau lebih cepat. Selain itu volume darah yang dikeluarkan saat menstruasi juga terjadi peningkatan.

Baca Juga : Beberapa Hormon Yang Sangat Penting Bagi Wanita

7. Infertilitas

Baca Juga  Sering Berkeringat Pada Malam Hari Bisa Menjadi Tanda Adanya Penyakit

Bagi seseorang yang mengalami penurunan kadar hormon tiroid dalam tubuh, maka bisa menyebabkan gangguan kesuburan atau infertilitas. Namun pada kasus infertilitas seperti ini bisa diperbaiki dengan memberikan terapi khusus.

8. Kolesterol tinggi

Seseorang yang mengalami gangguan pada hormon tiroid baik itu peningkatan maupun penurunan, maka akan menyebabkan peningkatan jumlah kolesterol dalam tubuh. Dalam hal ini sangat erat kaitannya dengan hormon TSH.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Alasan Mengapa Wanita Lebih Susah Kurus dibandingkan Dengan Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *