Inilah Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Konsumsi Daging

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin saat ini anda pernah mendengar kalau mengkonsumsi terlalu banyak daging merah berbahaya bagi kesehatan. Hal ini benar adanya. Berdasarkan sebuah hasil penelitian terbaru menyebutkan kalau banyak makan daging merah tidak baik bagi kesehatan.

Studi ini bukanlah yang pertama kali dilakukan, namun ini sudah yang kedua kalinya. Studi ini telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Gut. Dalam studi tersebut diketahui kalau mengkonsumsi daging merah bisa menyebabkan terjadinya divertikulitis.

Baca Juga  Kenapa Makanan Berserat Wajib Masuk di Dalam Menu Harian ?

Baca Juga : Cara Aman Mengkonsumsi Daging Olahan

bahaya makan daging dalam jumlah yang banyak

Divertikulisis merupakan suatu keadaan dimana terjadi suatu peradangan pada bagian usus. Bahkan penyakit jenis ini sekarang banyak terjadi dikalangan muda. Prosentase terjadinya divertikulisis bagi pecinta daging merah adalah sebesar 58 persen.

Para pakar menjelaskan bahwa konsumsi daging merah dalam jumlah yang banyak akan mengganggu keseimbangan bakteri yang terdapat dalam usus manusia. Kondisi ini akan memicu munculnya divertikulisis.

Meskipun demikian, bukan berarti kita harus menghindari konsumsi daging secara totol. Yang harus kita lakukan adalah membatasi konsumsinya. Anda bisa mengganti daging merah dengan daging ikan atau unggas yang lebih minim resiko kesehatan. Diketahui bahwa jika kita mengkonsumsi daging ikan maupun unggas bisa menurunkan resiko divertikulitis sebanyak 20 persen.

Baca Juga  Solusi Hidup Sehat Alami

Kondisi ini akan lebih buruk lagi jika kita suka mengkonsumsi daging merah yang dipanggang. Pemanggangan daging ternyata terbukti akan memunculkan sebuah senyawa yang bisa memicu inflamasi dalam tubuh dan bersifat karsinogenik atau racun. Dengan begitu akan memicu munculnya kanker dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Artikel Terkait : Makan Daging Merah Terlalu Banyak Juga Bisa Memicu Penyakit Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *