Inilah Waktu yang Tepat Untuk Menimbang Berat Badan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih, pastinya merasa enggan untuk menimbang berat badan. Bahkan bisa dikatakan anda alergi dengan yang namanya timbangan berat badan. Padahal dengan semakin sering menimbang berat badan, maka akan membuat kita lebih peduli terhadap kondisi berat badan tubuh kita.

Tahukah anda bahwa berdasarkan sebuah data yang berasal dari national Weight Control Registry yang berada di AS menyebutkan bahwa sekitar 75 % mereka yang sukses menurunkan berat badan adalah mereka yang rajin menginjakkan kakinya di atas timbangan berat badan.

sumber gambar : .kompas.com

Dengan demikian, sering menimbang berat badan adalah kebiasaan yang sangat bagus bagi kesehatan dan bisa memantau berat badan ideal tubuh kita.

Baca Juga  Ternyata Melakukan Istirahat Otak Berdampak Positif Pula Bagi Kesehatan Mental

Lantas yang menajdi pertanyaan adalah kapan waktu yang tepat untuk menimbang berat badan ?. Menurut para pakar kesehatan, sebaiknya anda menimbang berat badan secara rutin pada waktu yang sama. Misalnya saja rutin menimbang berat badan pada pagi hari.

Dengan menimbang berat badan pada waktu yang sama, maka hasilnya akan lebih akurat untuk mengetahui perkembangan berat badan tubuh kita. Hal ini disebabkan karena jika menimbang berat badan di waktu yang berbeda, maka bisa saja mengalami kenaikan yang signifikan atau bahwa justru menurun. Kondisi ini disebabkan karena berat badan tubuh manusia akan mengalami fluktuasi sepanjang hari yang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga  Inilah Tanda Kalau Bayi Kurang Mendapatkan Asupan ASI

Waktu yang paling direkomendasikan oleh para pakar kesehatan untuk menimbang berat badan adalah pada pagi hari sebelum kita melakukan sarapan. Hal ini disebabkan karena perut kita dalam keadaan kosong.

Memang menimbang berat badan pada pagi hari sebelum sarapan akan cenderung rendah, namun waktu inilah yang paling pas yang menggambarkan berat badan tubuh kita yang sebenarnya.

Baca Juga  Beberapa Kebiasaan Yang Sama Buruknya Dengan Merokok

Artikel Terkait : Inilah Alasan Mengapa Obesitas Bisa Menurunkan Libido

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *