Inilah Tanda Seorang Wanita Yang Melahirkan Prematur

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua ibu yang hamil pastinya tidak menginginkan lahir secara prematur. Namun pada kenyataannya cukup banyak wanita yang mengalami prematur. Lahir dengan prematur akan berdampak kurang bagus bagi kesehatan bayi dan ibu. Untuk mencegah hal ini, seorang wanita wajib mengetahui apa saja tanda sebuah kehamilan yang prematur.

 

Dengan mengetahui tanda-tanda sebuah kehamilan beresiko besar mengalami prematur, maka diharapkan para ibu bisa mendapatkan penanganan yang cepat oleh tim medis. Selain itu mengetahui tandanya bisa memberikan pengetahuan untuk mencegahnya.

kehamilan-prematur

sumber gambar : http://tipskesehatanlengkap.com/

Tanda pertama sebuah kehamilan dengan resiko prematur adalah mengalami keputihan. Seorang wanita yang sedang hamil secara normal mengeluarkan cairan melalui vagina. Namun apabila terjadi sebuah perubahan cairan yang keluar , maka bisa menjadi indikasi kalau akan mengalami prematur. Biasanya kondisi ini terjadi pada trimester akhir dari kehamilan.

Baca Juga  Temukan Cara Yang Efektif Pencegahan Stroke

Baca Juga : Beberapa Hal Yang Harus diwaspadai Saat Hamil

 

Cairan yang dikeluarkan melalui vagina ibu yang terindikasi prematur adalah berwarna merah muda atau merah yang seperti darah. Kondisi ini kerap kali dialami oleh ibu yang terindikasi melahirkan prematur.

 

Setelah seorang ibu sering mengeluarkan cairan merah dari vagina, maka biasanya ibu akan mengalami kram pada bagian perut. Kram yang terjadi bisa bisa sampai pada perut bagian bawah dan rasanya seperti saat menstruasi. Hal ini bisa terjadi secara teratur.

Baca Juga  Dampak Buruk Donor Sperma Ada 36 Anak Yang Lahir Dari Ayah Sakit Jiwa

 

Pada sebagian ibu rasa kram di perut yang sering terjadi bisa muncul secara tiba-tiba dan berlangsung terus-menerus. Seorang ibu biasanya akan merasakan seperti adanya usus yang terlilit dan banyak gas dalam perut.

 

Tanda secara umum seorang ibu yang mengalami kelahiran preamtur akan merasakan rasa nyeri. Nyeri yang muncul juga bisa terjadi pada bagian punggung bawah. Apabila seorang ibu hamil sering merasakan nyeri yang demikian, perlu waspada untuk kelahiran prematur.

 

Namun tanda yang paling pasti seorang ibu hamil yang mengalami kelahiran prematur adalah akan mengalami sebuah kontraksi. Kondisi ini sering kali terjadi sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu. Apabila intensitas kontraksi ini terjadi lebih dari 5 kali dalam satu jam, maka menjadi indikasi suatu kehamilan yang prematur.

Baca Juga  Penyebab Gagal Ginjal Kronik Pada Orang Dewasa

 

Yang harus anda lakukan jika mengalami beberapa tanda diatas, maka sebaiknya anda segera memeriksakan kehamilan ke dokter. Dengan begitu anda akan mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengurangi resiko prematur.

Artikel Terkait : Manfaat Asam Folat Bisa Menghindarkan Janin Dari Cacat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *