Inilah Tanda Kalau Gula Darah Kita Tinggi

tanda kadar gula darah tinggi

InspirasiBersama.com – Kondisi meningkatnya kadar gula darah menjadi pertanda buruk bagi kesehatan kita. Tingginya kadar gula darah menjadi indikasi adanya penyakit diabetes yang disebabkan karena ketidakmampuan tubuh dalam menurunkan kadar gula. Untuk mengantisipasinya, kita perlu tahu tanda kalau gula darah kita tinggi.

Berapa sih kadar gula darah yang normal ? Apabila kita melakukan cek kadar gula sebelum kita makan, maka normalnya adalah 70-130 mg/dl. Namun jika kita melakukan cek kadar gula darah setelah makan, maka normalnya tidak lebih dari 180 mg/dl. Menjaga kadar gula dalam kondisi normal sangatlah penting bagi kesehatan kita. Hal ini dikarenakan diabetes kerap kali menimbulkan komplikasi penyakit lain yang berbahaya.

Baca Juga  Pola Belajar Yang Membuat Anak Malah Bodoh

Untuk mengetahui kadar gula darah kita agar bisa mengontrolnya adalah dengan cara rutin melakukan cek gula darah. Selain itu meningkatnya kadar gula darah juga bisa diketahui dengan beberapa tanda berikut :

– Merasa sangat haus, sehingga banyak minum air
– Kepala terasa sakit
– Menurunnya konsentrasi
– Tubuh terasa lelah
– Disertai dengan penurunan berat badan
– Sering buang air kecil
– Penglihatan menjadi menurun

Baca Juga  Pengen Tahu Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan ?

Jika kondisi tingginya gula darah kita biarkan dalam kurun waktu yang lama, maka bisa menyebabkan beberapa gejala yang lebih serius, diantaranya :

– Terjadi infeksi pada vagina
– Jika terjadi luka, maka sulit sembuhnya
– Penglihatan semakin menurun
– Terjadi kerusakan pada saraf dan sensitivitas kulit. Selain itu akan menyebabkan impotensi
– Sering juga terjadi gangguan pencernaan seperti diare maupun sembelit.

Apakah anda saat ini merasakan beberapa gejala diatas, jika iya maka sangat disarankan untuk melakukan cek kadar gula anda ke dokter terdekat. Dengan deteksi dini kadar gula darah maka bisa mencegah kerusakan lebih lanjut. Untuk menurunkan kadar gula yang berlebih bisa menggunakan obat-obatan, rajin beraktivitas atau olahraga teratur, serta banyak konsumsi air putih untuk membuang tumpukan gula yang berlebih.
Artikel Terkait : Khasiat Rambut Jagung Untuk Mencegah Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *