Inilah Tanda Kalau Bayi Kurang Mendapatkan Asupan ASI

header niko 728 x 90

tanda asupan asi kurang

InspirasiBersama.com – Memberikan ASI kepada seorang bayi bukan perkara yang mudah seperti yang kita kira. Banyak para ibu yang mengaku kesulitan memberikan ASI kepada bayi dengan berbagai alasan mulai dari produksi yang kurang, kesempatan menyusui sedikit, atau kemampuan bayi dalam menyusui kurang sempurna. Yang dikhawatirkan adalah kesehatan bayi jika ternyata asupan ASI menjadi kurang.

Karena ASI menjadi makanan yang paling baik bagi bayi yang baru lahir, maka sebagai orang tua harus mampu mengenali tanda kalau seorang bayi mendapatkan asupan Asi yang cukup.

Berikut beberapa tanda kalau seorang bayi kurang mendapatkan asupan ASI :

1. Berat badan turun

Tanda pertama yang paling bisa kita kenali jika seorang bayi mengalami kurang asupan ASI adalah mengalami penurunan berat badan. Secara alami seorang bayi yang baru lahir akan mengalami penurunan berat badan, namun setelah beberapa hari mendapatkan asupan ASI, maka berat badan bayi akan cenderung meningkat.

Baca Juga  Busana Yang Bisa Membuat Anda Cepat Punya Pacar

Yang harus kita waspadai adalah jika setelah beberapa hari ternyata bayi kita mengalami penurunan berat badan meskipun sudah mendapatkan ASI. Bisa jadi hal ini disebabkan karena asupan ASI yang diberikan kepada bayi kurang.
2. Jarang buang air kecil

Tanda kedua seorang bayi yang kurang mendapatkan asupan ASI adalah frekuensi buang air kecil menurun atau kecil. Ini juga mengindikasikan bahwa seorang bayi mengalami dehidrasi.

Secara normal, bayi yang setelah lahir akan menghabiskan 6 popok dalam kurun waktu 24 jam dalam lima hari. Jika ternyata kita mengganti popok bayi kita kurang dari itu, maka bisa menjadi indikasi kalau asupan ASI kurang.
3. Warna urin gelap

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Zinc ?

Tanda ketiga seorang bayi mengalami kurang asupan ASI adalah mengalami warna air kencing yang gelap atau kuning gelap. Secara normal jika bayi cukup asupan ASI akan mengeluarkan ASI yang berwarna kuning jernih karena tidak mengalami dehidrasi. Kondisi warna air kencing yang berwarna gelap juga bisa disebabkan karena bayi mengalami dehidrasi.
4. Lebih rewel dan lemas

Bayi yang mengalami asupan ASI kurang akan mengalami kondisi mudah sekali rewel dan terlihat lemas. Hal ini disebabkan karena asupan gizi bayi berkurang yang membuat bayi lemas dan gampang rewel. Kita harus memastikan kalau bayi kita mendapatkan asupan ASI yang cukup dengan cara merasakan pada payudara yang lebih terasa kosong atau lebih lembut setelah menyusui.
5. Sering menyusu, tapi tetap menangis

Jika anda mempunyai seorang bayi yang sering rewel meskipun sangat sering menyusui, maka hal ini bisa menjadi tanda kalau asupan ASI bayi kita kurang. Seorang bayi yang mudah rewel bisa menjadi tanda kalau bayi masih lapar.

Baca Juga  Pengen Tahu Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan ?

Apabila ternyata bayi anda memiliki ciri seperti yang telah disebutkan, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pemberian ASI menjadi kurang dan bisa mengatasi masalahnya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mencegah Agar Bayi Tidak Mudah Gumoh ?

Artikel Terkait : Mengapa Seorang Bayi Belum Boleh Minum Air Putih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *