Inilah Resiko Wanita Hamil Saat Usia 60 Tahun

header niko 728 x 90

ibu hamil usia tua

InspirasiBersama.com – Hamil memang menjadi suatu yang sangat dinantikan oleh setiap wanita. Bahkan mereka menganggap kalau belum hamil belum bisa dikatakan sebagai wanita yang sesungguhnya. Namun bagaimana jika kehamilan terjadi pada usia 60 tahun ? Apakah sangat berbahaya bagi kesehatan.

 
Secara normal kehamilan yang terjadi pada wanita usia 60 tahun sangat beresiko bagi kesehatan ibu dan anak. Namun dalam sebuah studi menyebutkan bahwa seorang wanita yang berusia 50 tahun dan ingin hamil bisa dilakukan dengan mengikuti program bayi tabung (IVF) yang angka keberhasilannya cukup tinggi.

Bahkan dalam beberapa studi menyebutkan bahwa mereka yang berusia 50 tahun dan mengikuti program bayi tabung bisa menjalaninya dengan baik. Bahkan resikonya bisa lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang lebih mudah dan mengikuti program bayi tabung.

Baca Juga  Manfaat Black Garlic Untuk Mencegah Kanker

 
Namun menurut para ahli, jika seorang wanita berusia 50 tahun lebih ingin mengikuti program bayi tabung, maka syaratnya harus melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terlebih dahulu.

 
Secara teori wanita yang berusia tua akan mengalami resiko kesehatan tiga kali lipat jika mengalami kehamilan. Mereka akan berpotensi besar mengalami diabetes gestasional, mengalami tekanan darah tinggi saat hamil, resiko besar mengalami prematur, dan kemungkinan besar akan menjalani operasi caesar.

Baca Juga  Apa Saja Tanda Penyakit Kanker Serviks Yang Perlu Diwaspadai?

 
Bukan hanya itu saja, seorang wanita yang berusia tua akan lebih beresiko mengalami masalah jantung dan pembuluh darah jika hamil. Oleh karena itu potensial untuk mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi akan sangat besar. Kondisi ini tentu sangat membahayakan bagi kesehatan ibu.

Oleh karena itu bagi anda yang saat ini berusia 50 tahun lebih dan ingin mempunyai momongan, maka pertimbangkan dengan sangat akan banyaknya resiko saat kehamilan, baik bagi ibu sendiri maupun janin yang dikandung. Namun jika anda tetap ngotot ingin hamil, maka anda bisa melakukan program bayi tabung (IVF).

 

Baca Juga  Ini Dia Tanda Kalau Kita Menderita Penyakit Malas

Meskipun diperbolehkan,  sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang keinginan anda untuk melakukan program bayi tabung. Hal ini disebabkan karena sebelum anda melakukan program bayi tabung, ada banyak syarat yang harus dipenuhi ibu terlebih bagi seorang wanita yang sudah berusia tua.
Artikel Terkait : Usia Emas Seorang Wanita Melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *