Inilah Penyebab Utama Mengapa Terasa Lelah Setelah Bangun Tidur

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua pakar sepakat kalau tidur sangatlah penting bagi semua aspek kesehatan. Bukan hanya bisa memulihkan tenaga saja, tidur juga membuat fisik kita tetap bugar dan juga bisa menjaga stabilnya berat badan.

Banyak orang yang tahu kalau durasi tidur yang ideal adalah 7 sampai 8 jam semalam. Memang dengan tidur selama itu pada malam hari, maka akan memberikan efek nyaman bagi tubuh. Ada hal penting yang banyak dilupakan banyak orang yaitu tentang jadwal tidur yang konsisten.

sumber gambar : Kayuagung.com

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa jadwal jam tidur yang konsisten sangatlah penting. Selama ini kebanyakan orang hanya memperhatikan durasinya saja. Jadwal tidur yang buruk bisa menyebabkan saat bangun masih terasa lelah meskipun durasinya sudah cukup.

Baca Juga  Ternyata Mempunyai Pasangan Mampu Membuat Kita Lebih Bahagia dibandingkan Dengan Punya Uang

Banyak orang yang merasa sudah melakukan tidur selama delapan jam, namun masih saja merasakan badan yang lelah dan sepertinya masih kurang tidur. Kondisi ini bisa disebabkan karena jadwal tidur yang tidak konsisten.

Baca Juga : Mengapa Saya Sering Terbangun Pada Jam 3 Dini Hari ?

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa pentingnya konsisten dalam mengatur jadwal tidur berkaitan dengan ritme sirkadian tubuh yang berjalan secara alami. Tubuh manusia mengalami ritme sirkadian yang berjalan secara normal. Misalnya pada malam hari secara otomatis kita akan merasa ngantuk meskipun siang sudah tidur lama. Ini menjadi jam biologis tubuh yang tak bisa dirubah.

Baca Juga  Hal Utama Yang Menyebabkan Seorang Pasangan Selingkuh

Dengan demikian sangatlah penting untuk mengatur jadwal tidur yang konsisten sesuai dengan jam biologis tubuh. Banyak pakar yang mengatakan bahwa saat kita bisa konsisten dalam mengatur jadwal tidur, maka akan mendapatkan manfaat tidur yang berkualitas.

Berusahalah untuk konsisten dalam menentukan jam tidur malam anda. Misalnya saja anda sudah harus berada dalam kamar tidur saat jam dinding menunjukkan pukul sembilan malam. Dengan begitu tubuh akan terbiasa dan memberikan sinyal ngantuk saat jam sembilan tiba. Jangan lakukan tidur terlalu malam secara konsisten, hal ini akan merusak ritme sirkadian tubuh yang berdampak pada kesehatan secara menyeluruh.

Baca Juga  Tips Menjaga Kesehatan Mata Ditengah Ketergantungan Terhadap Ponsel

Artikel Terkait : 5 Langkah Mudah Untuk Tidur Lebih Nyenyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *