Inilah Penyebab Tubuh Mengeluarkan Gas Yang Tidak Sedap

header niko 728 x 90

kentut tidak sedap

InspirasiBersama.com – Mengeluarkan bau gas yang tidak sedap kerap menyebabkan seseorang menjadi malu. Terlebih kondisi ini terjadi pada seorang wanita. Jika kita sering mengeluarkan gas yang berbau tidak sedap, itu bisa menjadi sinyal kalau terjadi sesuatu dalam tubuh kita. Penyebab masalah ini terlebih disebabkan karena faktor gangguan pada pencernaan.

Berikut beberapa penyebab tubuh mengeluarkan gas yang tidak sedap :

 

Flora usus tidak seimbang
Penyebab pertama sering mengeluarkan gas yang berbau tidak sedap adalah dikarenakan faktor flora usus yang tidak seimbang. Kita tahu bahwa dengan adanya bakteri yang seimbang dalam usus, maka proses fermentasi makanan akan bisa berjalan dengan baik. Proses ini terlebih terjadi pada usus besar kita.

Saat makanan masuk ke dalam saluran pencernaan, maka dalam usus kita akan terjadi proses fermentasi yang membuat makanan tersebut bisa membentuk gas. Proses ini bisa terjadi pada usus besar dan usus kecil. Hal inilah yang membuat kita sering mengeluarkan gas yang tidak sedap.

Bagi seseorang yang dalam kondisi proses penyembuhan terhadap penyakit, juga kerap mengalami ketidakseimbangan jumlah bakteri yang terdapat pada usus kita. Kondisi ini juga memicu pengeluaran gas yang berbau tidak sedap.

Baca Juga  Ada Cara Mudah Melakukan Detoks Alami Tubuh

Menurut para pakar, untuk mengatasi ketidakseimbangan jumlah bakteri pada usus, maka untuk mengatasinya bisa menggunakan terapi antibiotik, melakukan diet rendah karbohidrat serta diet rendah FODMAP (oligosakarida difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol).

Ada banyak jenis buah dan sayuran yang tergolong FODMAP  seperti alpukat, kacang-kacangan, beri, kedelai, bawang merah dan bawang putih. Untuk itu jika kita tidak ingin banyak mengeluarkan gas yang tidak sedap, maka hindari konsumsi jenis makanan tersebut secara berlebihan.

 

Anda makan terburu-buru
Penyebab kedua sering mengeluarkan gas yang tidak sedap adalah karena ada banyak udara yang masuk saat kita makan. Kondisi ini akan sering terjadi saat kita makan dengan tergesa-gesa, makan sambil berbicara.

Saat kita mempunyai kebiasaan makan seperti itu, maka akan ada banyak gas yang akan masuk ke dalam saluran pencernaan. Oleh karena itu ada seseorang yang sering bersendawa yang bisa disebabkan karena faktor ini.

 

Anda penggemar berat susu
Bagi seseorang yang gemar mengkonsumsi susu, maka beresiko besar mengeluarkan gas yang tidak sedap. Kita tahu bahwa dengan bertambahnya usia seseorang, maka jumlah enzim laktat yang terdapat pada saluran pencernaan akan mengalami penurunan yang menyebabkan kemampuan usus dalam mencerna susu akan menurun.

Baca Juga  Apa Saja Perubahan Fisik Yang Terjadi Saat Kehamilan ?

Saat banyak laktosa yang masuk bersama susu dalam saluran pencernaan kita, maka bisa menyebabkan seseorang mengalami kembung dan perut yang tidak nyaman. Jadi solusinya adalah anda harus mengurangi asupan susu dalam menu anda sehari-hari agar tidak berpotensi mengeluarkan gas yang tidak sedap.

 

Sensitif gluten
Sebenarnya secara alami tubuh kita selalu memberikan sinyal saat terjadi masalah dalam tubuh kita. Sama dengan saat kita mengalami buang gas yang tidak sedap, maka itu menjadi sinyal yang dikirim oleh tubuh karena ada gangguan dalam pencernaan kita.

Bagi seseorang yang mengalami masalah pada sistem autoimun, maka bisa menyebabkan malabsorbsi. Saat terdapat asupan gluten dalam tubuh, maka kondisi ini justru akan merusak lapisan usus kita terutama pada usus halus. Jika yang terjadi demikian, maka sangat disarankan untuk datang ke dokter untuk memeriksakannya.

Baca Juga  Jangan Minum Teh Terlalu Banyak Saat Sahur

Baca Juga : Apa Tanda dan Gejala Kalau Kita Menderita Usus Buntu ?

 

 

Sembelit
Bau yang tidak sedap saat kita buang gas juga bisa disebabkan karena kita mengalami sembelit. Pada kondisi sembelit, maka pergerakan feses dalam usus akan sangat lambat yang memicu banyak produksi gas sehingga saat keluar akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Untuk menghindari kondisi ini, maka kita harus lebih banyak konsumsi air serta serat agar tidak sampai terjadi sembelit. Dengan konsumsi banyak air dan serat, maka akan membuat buang air besar kita menjadi lebih lancar yang tidak memicu bau yang lebih tidak sedap.

Itulah beberapa penyebab tubuh mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *