Inilah Penyebab Seorang Wanita Dewasa Ngompol

header niko 728 x 90

menahan pipis bagi wanita

InspirasiBersama.com – Sering kali kita mendengar seorang wanita yang mengalami ngompol meskipun sudah dewasa. Biasanya kondisi ini dialami saat tertawa dengan kencang, batuk dll. Bagi anda yang juga mengalami hal ini, maka jangan panik dulu karena banyak juga wanita diseluruh dunia yang mengalami hal ini.

Dalam dunia medis, ketidakmampuan mengontrol kencing disebut dengan inkontinensia urine. Hampir 10,3 persen wanita diseluruh dunia mengalami hal ini. Kebanyakan mereka berusia muda yaitu 19 sampai 30 tahun.

Ada beberapa penyebab seorang wanita mengalami inkontinensia urine. Sebelum kita membahas penyebabnya kita perlu mengetahui jenis-jenis inkontinensia. Inkontinensia terbagi menjadi dua jenis yaitu biasanya terjadi saat kita jalan menuju toilet dan inkontinensia stres yang merupakan kondisi bocornya bagian kandung kemih yang disebabkan karena adanya tekanan. Dalam hal ini tekanan bisa berupa batuk, tertawa, aktivitas fisik lain yang bisa memicu keluarnya urine.

Baca Juga  Mengapa Uban Bisa Muncul Pada Usia Muda ?

Berikut beberapa penyebab wanita dewasa yang mengalami ngompol :

1. Otot pelvis lemah
Penyebab pertama seorang wanita dewasa mengalami ngompol adalah disebabkan karena lemahnya otot pelvis. Lemahnya otot pelvis pada wanita dewasa bisa disebabkan karena persalinan normal yang terlalu sering.

Untuk memulihkan otot pelvis yang lemah, maka sangat disarankan untuk melakukan senam kegel. Dengan rutin melakukan senam kegel maka bisa merangsang otot pelvis kembali normal dan kuat. Anda perlu belajar kepada para ahli untuk bisa melakukan senam kegel agar memberikan hasil yang maksimal.

2. Kapasitas kandung kemih rendah
Penyebab kedua mengalami sering ngompol bagi wanita dewasa adalah kapasitas kandung kemih yang rendah. Secara normal saat kandung kemih kita penuh, maka sebelum kita siap untuk berkemih maka tidak akan terjadi kontraksi.

Baca Juga  Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kesehatan Jantung

Kondisi ini biasanya ditandai dengan mereka yang sering merasa pipis keluar duluan saat kita berjalan menuju toilet. Untuk mengatasi kondisi ini anda bisa berlatih senam kegel. Jika masih saja terjadi sering ngompol, maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter.

3. Berat badan
Ternyata memiliki berat badan yang berlebih juga bisa mempengaruhi seorang wanita yang sering ngompol atau pipis keluar sedikit. Hal ini disebabkan karena mereka yang obesitas akan terjadi tekanan yang lebih besar pada kandung kemih yang membuat urine keluar terlebih dahulu sebelum kita kontraksi.

Baca Juga  Banyak Minum Alkohol Bisa Merusak Kesehatan dan Menyebabkan Kematian

4. Pola makan
Penyebab ke-empat seorang wanita yang sering ngompol adalah bisa dikarenakan faktor makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang bersifat deuritik atau melancarkan pipis seperti minuman kafein, berkarbornasi, makanan yang mengandung asam sitrus. Saat kita banyak mengkonsumsi jenis makanan tersebut, maka akan membuat frekuensi pipis kita menjadi lebih sering dari biasanya.

Artikel Terkait : Mengapa Saat Berhubungan Seks Terasa Ingin Kencing ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *