Inilah Penyebab Nyeri Kepala Saat Menstruasi

header niko 728 x 90

sakit kepala saat haid

InspirasiBersama.com – Ada beberapa wanita yang sering merasa nyeri kepala saat menstruasi. Kita tahu bahwa umumnya nyeri kepala terjadi akibat seseorang mengalami stres dan terjadi ketegangan pada otot. Bagi seorang wanita yang sering mengalami nyeri kepala saat haid tentu sangat menyiksa. Untuk itu perlu kita membahas penyebab nyeri kepala yang sering terjadi saat menstruasi.

Tahukah kita bahwa saat seorang wanita mengalami menstruasi, maka secara alami kadar hormon estrogen akan menurun. Para ahli mengatakan nyeri kepala yang kerap terjadi pada saat menstruasi merupakan jenis migrain. Kondisi ini akan lebih terasa saat terjadi penurunan kadar estrogen saat seorang wanita menstruasi.

Baca Juga  Cara Mengencangkan Vagina Yang Kendor Tanpa Operasi

 
Kita tahu bahwa hormon estrogen bagi wanita memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk mengatur reseptor nyeri pada otak. Artinya saat kadar estrogen menurun, maka ambang nyeri seorang wanita akan menurun.
Untuk lebih pasti pada hari ke-berapa migrain menstruasi sering dialami oleh wanita yang haid, maka kondisi ini berbeda-beda antara setiap wanita. Ada yang terasa nyeri kepala saat menjelang haid, atau ada juga yang sering terjadi antara hari pertama sampai kelima masa menstruasi.

 
Bagi mereka yang mempunyai siklus menstruasi yang normal, maka kondisi sering nyeri kepala bisa diantisipasi dengan cara minum obat pereda nyeri menjelang migrain menstruasi. Yang tidak diuntungkan adalah para wanita yang mempunyai siklus menstruasi yang tidak normal. Jika hal ini yang terjadi maka untuk mengatasi migrain menstruasi maka bisa menggunakan cara mengatasi migrain secara biasa.

Baca Juga  Arti Kedutan Mata Bagi Kesehatan

 
Ada beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan untuk bisa menekan rasa nyeri yang berlebihan saat terjadi migrain menstruasi. Contohnya adalah melakukan penundaan makan, menghindari konsumsi jenis makanan yang cepat saji, menghindari makanan yang banyak mengandung pemanis buatan, menghindari minum alkohol dan menghindari konsumsi kafein.

 
Selain beberapa tips diatas kita juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang bisa mengurangi rasa nyeri akibat migrain menstruasi. Misalnya dengan mengurangi rasa stres dengan banyak melakukan kegiatan rileksasi. Atau anda juga bisa mengkonsumsi beberapa suplemen vitamin yang bisa membuat badan kita tetap sehat.

Baca Juga  Dampak Negatif Stres Bisa Membuat Cepat Pikun

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Nyeri Punggung Yang Muncul Saat Haid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *