Inilah Penyebab Mengapa Anda Sering Pusing Saat Bangun dari Duduk

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Terkadang kita sendiri pernah atau sering mengalami kepala yang tiba-tiba pusing saat bangkit dari posisi duduk. Ternyata hal ini menjadi sebuah sinyal kalau adanya masalah kesehatan yang perlu kita waspadai.

pusing-secara-tiba-tiba

sumber gambar : http://alfianherbal.com/

Menurut pendapat salah seorang profesor neurologi yang berasal dari Harvard Medical School mengatakan bahwa terasa pusing setelah kita bangkit dari posisi duduk ke berdiri mungkin bukan masalah yang serius. Kondisi ini disebabkan karena adanya penurunan tekanan darah yang terjadi secara mendadak. Hal ini dipengaruhi oleh gravitasi.

Saat terjadi kondisi penurunan tekanan darah dalam tubuh, maka secara otomatis tubuh berusaha untuk melakukan kompensasi dengan cara mendorong untuk mempercepat denyut jantung. Hal ini guna menjaga agar tekanan darah tetap stabil.

Baca Juga  Efek Suka Memakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki

Yang membuat pusing atau berkunang-kunang adalah karena adanya hambatan terhadap aliran darah yang menuju otak sehingga membuat pasokan oksigen menurun. Jika proses pengembalian tekanan darah yang turun berjalan dengan cepat, maka pusing atau kunang-kunang bisa terhindar.

Cepat atau tidaknya proses kompensasi tekanan darah yang turun sangat dipengaruhi oleh pembuluh darah. Kalau kondisi pembuluh darah sangat rileks, maka proses ini sedikit terhambat yang menyebabkan rasa pusing.

Baca Juga : Penyebab Rasa Pusing Saat Bangun Tidur

 

Kondisi sering merasa pusing atau kunang-kunang setelah bangkit dari posisi duduk lebih sering dialami mereka yang mengalami tekanan darah rendah. Selain itu mereka yang sering mengkonsumsi obat hipertensi juga sering mengalaminya.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Mata Menjadi Berkantung

Kondisi seperti pusing atau kunang-kunang juga sering dirasakan saat kita duduk terlalu lama atau dalam kondisi dehidrasi. Kondisi ini sering dialami saat kita setelah berolahraga. Maka tak jarang kita merasa pusing atau bahkan serasa mau pingsan saat duduk lama atau setelah berolahraga.

Biasanya rasa pusing atau berkunang-kunang paska duduk akan berlangsung hanya sebentar saja. Jika hanya sebentar, maka ini masih tergolong normal. Namun jika rasa pusing berlangsung lebih lama, maka mengindikasikan ada masalah kesehatan yang lebih serius.

Seseorang yang sering mengalami tekanan darah rendah akan sangat rentan untuk mengalami pingsan atau terjatuh. Rasa pusing ini bisa menjadi sebuah isyarat tubuh kalau tekanan darah kita sedang rendah.

Baca Juga  Kebiasaan Apa Saja Yang Bisa Memicu Depresi ?

Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyebabkan tekanan darah menjadi rendah seperti diabetes dan parkinson. Kedua jenis penyakit ini sangat mempengaruhi pembuluh darah sehingga mempengaruhi aliran darah atau tekanan darah. Saran terbaik adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Artikel Terkait : Jenis Olahraga Yang Cocok Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *