Inilah Penyebab Banyak Lansia Yang Terserang Pneumonia

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin anda pernah mendengar kalau seorang mantan Presiden Amerika yang bernama Geroge H.W Bush pernah dirawat di rumah sakit yang disebabkan karena pneumonia. Saat ini usia beliau sudah mencapai 92 tahun. Itu sebagai contoh kecil saja. Di luar sana banyak sekali kasus pneumonia yang melanda kaum lansia, mengapa hal ini bisa terjadi ?

Menurut para pakar kesehatan paru mengatakan bahwa penyebab banyak lansia yang terserang penyakit pneumonia adalah disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang mulai turun pada usia tersebut. Kondisi ini lebih sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 50 tahun.

sumber gambar : kompas.com

Seseorang yang mengalami pneumonia berarti terjadi sebuah inflamasi pada area paru-paru. Biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada musim dingin. Selain itu, flu juga tergolong menggganggu pernapasan yang sering muncul saat musim hujan atau dingin datang.

Baca Juga  Pengen Tahu Jenis Olahraga Yang Paling disukai Oleh Orang Indonesia ?

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Biasanya para lansia yang terdiagnosa pneumonia akan dilakukan perawatan di rumah sakit. Hal ini disebabkan kebanyakan dari mereka juga mengalami masalah kesehatan lainnya yang disebabkan karena penurunan sistem imun.

Pneumonia adalah sebuah penyakit paru yang bisa disebabkan karena virus maupun bakteri. Jadi jenis pengobatan akan tergantung pada penyebab pneumonia. Jika disebabkan karena suatu virus, maka kondisi ini bisa menular. Namun kondisi ini lebih ringan dibandingkan dengan pneumonia yang disebabkan karena bakteri.

Baca Juga  Apakah Benar Minum Air Es Bisa Menyebabkan Gemuk ?

Namun bagi lansia yang terkena pneumonia yang disebabkan karena bakteri, maka kondisi ini bisa lebih parah yang bisa menyebabkan beberapa komplikasi penyakit lainnya seperti gagal ginjal dan abses.

Untuk mencegah banyaknya lansia terkena penyakit pneumonia, maka menurut CDC sebuah badan pengendalian dan kontrol penyakit yang berada di AS mengatakan bahwa lansia untuk diberikan vaksin pnaumonia yang bisa mencegah terjadinya infeksi pneumonia.

Baca Juga  Gangguan Kesehatan Yang Bisa disebabkan Karena Amandel

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Penyebab Umum Nyeri Lutut Pada Lansia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *