Inilah Penyebab Banyak Kesurupan Melanda Kaum Wanita

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kalau kita melihat di televisi atau lingkungan sekitar, sering kali mendengar kesurupan yang melanda wanita. Bahkan seorang wanita kerap menjadi korban kesurupan massal. Dengan begitu muncul sebuah stigma kalau wanita rentan mengalami kesurupan yang disebabkan karena mental atau emosional yang lemah.

Berikut pemaparan seorang pakar psikolog dunia yang bernama Robert Bartholomew Ph.D yang menyebutkan bahwa ada beberapa alasan mengapa wanita sering kali menjadi korban kesurupan :

sumber gambar : tickettoread.wordpress.com

1. Faktor Biologis
Hal pertama yang membuat banyak wanita mengalami kesurupan adalah disebabkan karena faktor biologis. Berdasarkan sebuah data menyebutkan bahwa kejadian kesurupan massal sering kali melanda wanita usia pubertas.

Baca Juga  Ini Dampak Buruk Jika Wanita Merokok

Menurutnya seorang wanita saat usia pubertas banyak mengalami perubahan fisik maupun mental. Bahkan sering kali mereka merasakan nyeri psikogenik yang diakibatkan karena adanya suatu tekanan secara psikologis. Nyeri psikologis inilah yang meningkatkan resiko wanita usia pubertas mengalami kesurupan.

Baca Juga : Sering Nyeri Lambung Juga Bisa disebabkan Karena Stres

 

2. Faktor Lingkungan
Faktor selanjutnya mengapa banyak wanita mengalami kesurupan massal adalah karena faktor lingkungan.

Baca Juga  Deretan Makanan Yang Sangat Bagus Bagi Kesehatan Mata Selain Wortel

Menurut Robert, wanita lebih banyak bekerja dalam sebuah lingkungan yang mengharuskan kerja sama dan cenderung membosankan. Kondisi ini kerap membuat banyak wanita merasa stres dan frustasi dengan pekerjaan. Hal inilah yang memicu banyak wanita mengalami kesurupan atau bahkan kersurupan massal di tempat kerja.

Menurutnya kesurupan terjadi akibat adanya tekanan psikologis atau pikiran yang membuat seseorang merasa stres dan frustasi. Meskipun demikian kesurupan bukan gangguan mental yang terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Tetapi kesurupan biasanya hanya terjadi sementara.

Baca Juga  Manfaat Mendaki Gunung Bisa Mengurangi Stres

Artikel Terkait : Ternyata Wanita Lebih Mudah Stres Dalam Urusan Pekerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *