Inilah Nutrisi Yang Bisa Menghancurkan Lemak Dalam Tubuh Kita

header niko 728 x 90

vitamin D

InspirasiBersama.com – Apakah anda saat ini berusaha menghancurkan lemak dalam tubuh ?. Memiliki berat badan yang berlebih memang membuat kita tidak percaya diri. Belum lagi obesitas juga menjadi pemicu banyak penyakit berbahaya bagi tubuh kita.

 

Untuk menurunkan kadar lemak yang berlebih dalam tubuh kita diperlukan berbagai cara. Mulai dari penerapan pola makan yang sehat, serta harus rutin melakukan olahraga setiap hari. Dengan konsisten melakukan kedua hal tersebut, maka lemak dalam tubuh kita akan hancur.

Bagaimana jika hanya mengkonsumsi jenis nutrisi tertentu saja untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh kita ?. Sebenarnya bisa, ada beberapa nutrisi yang terbukti mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh kita yang membuat kita obesitas, diantaranya adalah :

 

VITAMIN D
Nutrisi pertama yang bisa membakar lemak dalam tubuh kita adalah vitamin D. tahukah kita bahwa salah satu fungsi dari vitamin D dalam tubuh kita adalah untuk membuat tubuh kita sensitif terhadap insulin yang dihasilkan oleh pankreas.

Baca Juga  Cara Unik Menghentikan Nafsu Makan Berlebihan

Dengan insulin yang semakin sensitif, maka akan lebih berfungsi dalam membuat glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh serta mampu membakar kalori tubuh dengan baik. Dengan proses pembakaran yang lebih baik, maka akan menurunkan resiko kalori yang menumpuk menjadi lemak dalam tubuh kita.

Seseorang yang kekurangan akan kandungan vitamin D, maka lambung akan tidak bisa memberikan sinyal kepada otak kapan saatnya kosong untuk mendorong makan, dan kapan harus berhenti makan karena lambung sudah penuh. Jadi akan membuat sinyal makan menjadi kacau.

 

KALSIUM
Kalsium juga memiliki peranan yang sangat penting bersama dengan vitamin D untuk membuat lemak dalam tubuh kita menjadi hancur.

Kalsium merupakan mineral yang banyak tersimpan dalam lemak tubuh kita. Jika kadar kalsium dalam lemak kita semakin banyak, maka akan sangat positif sekali membuat lemak mudah hancur dan terbakar.

Baca Juga  Rutin Mengkonsumsi Buah Anggur Dapat Membuat Ingatan Lebih Tajam

Baca Juga : Mengapa Tubuh Manusia Membutuhkan Asupan Lemak ?

 

PROTEIN
Dengan asupan protein yang cukup oleh tubuh, maka akan membuat tubuh kita lebih proporsional serta mampu memberikan efek kenyang yang berlangsung lebih lama dibandingkan hanya konsumsi karbohidrat.

Fungsi lain dari protein adalah membuat massa otot kita lebih stabil. Dengan demikian tubuh akan lebih memilih membakar lemak daripada protein yang menguatkan massa otot kita.

 

ASAM LEMAK OMEGA-3 
Tahukah kita bahwa asam lemak omega-3 mempunyai peranan yang bagus dalam menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan mengalihkan enzim yang membuat pembakaran lemak akan lebih bayak.

Dengan kandungan asam lemak omega-3 yang cukup dalam tubuh kita, maka akan membuat otak kita memberikan sinyal untuk tidak nafsu makan. Sehingga akan membuat nafsu makan kita menjadi menurun.

Baca Juga  Seberapa Penting Mengkonsumsi Suplemen Kunyit ?

Ada banyak jenis makanan  yang kaya akan kandungan asam, lemak omega-3 diantaranya adalah ikan salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

ASAM LEMAK JENUH TUNGGAL (MUFA)
Nutrisi terakhir yang bagus untuk menghancurkan lemak dalam tubuh kita adalah asam lemak jenuh tunggal (MUFA). Nutrisi jenis ini banyak terkandung dalam minyak zaitun, alpukat, biji-bijian, selai kacang dan cokelat. Dengan banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak jenuh tunggal, maka akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh kita.

Artikel Terkait : Benarkah Daging Organik Mengandung Lemak Yang Baik Bagi Tubuh Kita ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *